Profil Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab (Habib Rizieq)

Profil Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab (Habib Rizieq)

Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab lahir di Jakarta pada 24 Agustus 1965. Pria yang akrab disapa Habib Rizieq ini dikenal sebagai pemimpin organisasi Front Pembela Islam (FPI). FPI adalah organisasi massa Islam yang berpusat di Jakarta. Berikut beberapa ulasan tentang profil Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab (Habib Rizieq).

Selepas tamat SMA, Rizieq meneruskan studinya di King Saudi University, Arab Saudi. Ia mampu menyelesaikan studi S1-nya selama empat tahun dan menyandang predikat cum-laude. Rizieq kemudian melanjutkan kuliah pascasarjana dengan mengambil Studi Islam di Universitas Antar-Bangsa, Malaysia yang dituntaskannya selama setahun.

Pria yang pernah menjabat Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Jamiat Kheir Jakarta ini adalah pendiri FPI. Ia mendeklarasikan terbentuknya FPI pada tanggal 17 Agustus 1998. Organisasi ini memiliki kelompok internal yang disebut sebagai sayap juang bernama Laskar Pembela Islam.

Kelompok paramiliter dari FPI tersebut dianggap kontroversial karena kerap melakukan aksi penertiban terhadap kegiatan-kegiatan yang dinilai kontroversial. Tindakan penertiban oleh kelompok Laskar Pembela Islam ini terutama dilakukan pada masa Ramadan dan sering berakhir dengan kekerasan.

Sosok Rizieq Shihab memang dikenal kontroversial. Ia pernah ditahan pada 20 April 2003 karena dianggap menghina kepolisian RI lewat dialog di stasiun televisi SCTV dan Trans TV. Walau sempat dibawa kabur pendukungnya, Rizieq akhirnya divonis 7 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 29 Juli 2003.

Habib Rizieq terkenal dengan aksi 212 yang berhasi menyatukan seluruh elemen umat Islam karena adanya penistaan agama. Salah satu gerakan revolusi putih berhasil mengumpulan 7 juta manusia yang terpusat di Monas Jakarta dengan agenda Sholat Jum’at.

Baca juga “Biografi Habib Novel Bin Muhammad Alaydrus Dari Solo.”

Profil Habib Rizieq Lahir Jakarta, 24/08/1965 Profesi Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) (-) Karier

  • Kepsek Madrasah Aliyah Jamiat Kheir, Jakarta (-)
  • Dewan Syariat BPRS At-Taqwa, Tangerang (-)
  • Presiden Direktur Markaz Syariah (-)
  • Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) (-)

Pendidikan

  • SDN 1 Petamburan, Jakarta (-)
  • SMP 40 Pejompongan, Jakarta (-)
  • SMP Kristen Bethel Petamburan, Jakarta (-)
  • SMA Islamic Village, Tangerang (-)
  • SMAN 4, Gambir, Jakarta (-)
  • Jurusan Studi Agama Islam (Fikih dan Ushul), King Saud University (S1), Riyadh, Arab Saudi (-)
  • Studi Islam, Universitas Antar-Bangsa (S2), Malaysia (-)
  • Universitas Antar-Bangsa (S3), Malaysia (-)

Pulang Ke Indonesia

Tepat hari Selasa 10 November 2020, Habib Rizieq kembali ke Indonesia setelah selama 3 tahun tinggal di Arab Saudi. Ribuan orang manyambut mulai dari bandara Soekarno Hatta hingga ke Petambunan Jakarta Pusat.

Selain untuk menikahkan putrinya yang keempat, banyak pihak yang mengharapkan Habib Rizieq juga memimpin revolusi akhlaq yang didengungkan hingga kini.

Baca juga update Berita

habib rizieq
Comments (0)
Add Comment