Sejarah Kenapa Kota Bekasi Dikenal dan Disebut Kota Patriot

Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat memiliki luas 210.49 km2 dengan penduduk 3,4 juta. Kota bekasi pernah viral dengan berbagai bullyan di social media. Dan menjadi bahan guyonan dengan sebutan planet lain. Namun tidak banyak yang mengetahui sejarah kenapa kota Bekasi dikenal dan disebut Kota Patriot. Sebuah julukan heroik yang pantas dibanggakan.

Arti Kata Patriot

Arti kata ‘patriot’ menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah pencinta (pembela) Tanah Air. Dari arti tersebut, dapat diambil makna bahwa dahulu telah terjadi gerakan bela negara Indonesia di Bekasi.

Sejarah Nama Patriot

Seorang Budayawan Bekasi, Ali Anwar mengatakan julukan kota patriot disematkan karena pada saat masa kolonial Belanda, daerah tersebut sempat menjadi medan pertempuran antara pribumi dan juga tentara Belanda.

Sikap patriotisme melawan penjajah setelah kemerdekaan Indonesia inilah yang kemudian menjadi alsan kuat kenama gelar ‘Kota Patriot’ melekat kepada Kota Bekasi.

Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri, itulah sebutan Bekasi tempo dulu sebagai Ibukota Kerajaan Tarumanagara (358-669). Luas Kerajaan ini mencakup wilayah Bekasi, Sunda KElapa, Depok, Cibinong, Bogor hingga ke wilayah Sungai Cimanuk di Indramayu. Menurut para ahli sejarah dan fisiologi, leatak Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri sebagai Ibukota Tarumanagara adalah di wilayah Bekasi sekarang.Dayeuh Sundasembawa inilah daerah asal Maharaja Tarusbawa (669-723 M) pendiri Kerajaan Sunda dan seterusnya menurunkan Raja-Raja Sunda sampai generasi ke-40 yaitu Ratu Ragumulya (1567-1579 M) Raja Kerajaan Sunda (disebut pula Kerajaan Pajajaran) yang terakhir. (website BekasiKota)

Para tentara yang berada di Kali Cakung merupakan garda terdepan dalam pertempuran. Sementara Karawang merupakan garda belakang dalam menjaga kokohnya lini pertahanan.

Tahun Berdiri Kota Bekasi

Tahun 1950, setelah Bekasi lepas dari Kabupaten Jatinegara, beragam julukan pun dicari untuk Kota Bekasi. Saat itu, terjadi perdebatan, karena Karawang pernah juga ingin memakai julukan ‘Kota Patriot’.

Dari ulasan singkat diatas semoga bisa menambah wawasan kita dan menghargai perjuangan para pahlawan. Bukan malah membully dan menghujat. Bekasi juga memiliki beberapa pesona menarik lainnya seperti kampung gabus dengan pendekarnya, tempat penangkaran buaya dan berbagai wisata menarik lainnya.

Demikian tulisan “Sejarah Kenapa Kota Bekasi Dikenal dan Disebut Kota Patriot,” semoga bermanfaat.

bekasi