Tadabur Surah Al Buruj: Bersumpah Dengan Gugusan Bintang

a. Hari Kiamat

Allah SWT bersumpah pada hari ini karena , hari adalah batas akhir perjuangan kehidupan, batas akhir priode dunia dan Allah SWT mengingatkan akan kelalaian kita terhadap hari ini , dengan selalu menyibukkan diri untuk bekal kedunian yang fatamorgana dan semu belaka, dan melupakan hari dimana seluruh amal akan dieavaluasi. Sebagaimana Allah berfirman:

Artinya: Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan Pertemuan mereka dengan Tuhan; sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: “Alangkah besarnya penyesalan Kami, terhadap kelalaian Kami tentang kiamat itu!”, sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, Amat buruklah apa yang mereka pikul itu.( QS. Al an’am: 31)

Dan salah satu sifat hari kiamat adalah baghtah (tiba-tiba) tak seorang pun mengetahui sekalipun Nabi SAW tidak mengetahui sedikit pun tentang hari itu , ketika jibril menanyakan kepada beliau tentang perihal kejadian kiamat beliau menjawab “ tidaklah yang ditanya lebih mengtahui dari pada yang menanyakan”(HR. Bukhari dan Muslim),

Dan hal ini sebagai hujjah bagi siapa yang mengklaim mengatahui hari kiamat, priodisasi kiamat merupakan hal paling banyak didiskusikan oleh para pakar sejarah dari kalangan muslim maupun di luar Islam, dan kita mengimani apa yang ada dalam Al qur’an dan sunnah Nabi SAW bukannya syubhat yang datang dari rahib yahudi dan nashrani dengan paham mesianismenya. Sebagai mukmin hendaknya kita memepersiapkan diri untuk menemui Allah dalam keadaan beriman kepadaNya.

b. Hari Jum’at

Allah SWT memuliakan kita pada hari jumat dan memperbanyak ibadah di hari itu, dalam hadits yang mursal seorang ulama dari kalangan tabi’in meriwayatkan dari Nabi bahwa hari jum’at adalah penghulu dari segala hari.

Sebagaimana Allah pernah memuliakan bangsa yahudi dengan hari sabtu akan tetapi mereka ingkar dan mendustakan ayat-ayat Allah, maka Allah menghinakan mereka dengan melakanat mereka menjadi babi dan monyet.

Dalam hadits abu hurairah juga mensinyalir bahwa kejadian maha dahsyat ada atau terjadi pada hari jum’at.

Allah mengambil sumpah dengan hari jumat yang memang memilki kedudukan yang paling mulia dari sekalian hari, dan sebagian umat muslim masih ada diantara mereka yang berlaku seperti yahudi dengan hari sabtu mereka yakni dengan menyibukkan diri dan meninggalkan shalat pada hari itu ,

Kita khawatir hal yang serupa menimpa kita seperti menimpa bani israil. Pada hari jumnat pula kita dianjurkan oleh Nabi SAW agar memperbanyak ibadah pada hari yang mulia ini.

Al BurujAl QuranTadabur
Comments (0)
Add Comment