Tempat Wisata Semarang Indah Menarik, Mulai Heritage Hingga Gunung 2019

Tempat Wisata Semarang Indah Menarik, Mulai Heritage Hingga Gunung

Semarang merupakan Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang juga sebagai salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa, Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa.

Kawasan mega-urban Semarang yang tergabung dalam wilayah metropolitan Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kota Semarang dan Purwodadi, Kabupaten Grobogan) berpenduduk mencapai 7,3 juta jiwa, sekaligus sebagai wilayah metropolitan terpadat keempat, setelah Jabodetabek (Jakarta), Gerbangkertosusilo (Surabaya), dan Bandung Raya.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan Semarang yang signifikan ditandai pula dengan munculnya beberapa gedung pencakar langit yang tersebar di penjuru kota. Perkembangan regional ini menunjukan peran strategis Kota Semarang terhadap roda perekonomian nasional.

Tempat Wisata Semarang Indah Menarik, Mulai Heritage Hingga Gunung

  1. Wisata Heritage Lawang Sewu di Semarang.

Tempat wisata di Semarang ini tidak kalah menarik. Wisata heritageLawang Sewu memiliki day atarik tersendiri. Sebuah bangunan peninggalan Belanda yang juga menjadi ikon wisata kota Semarang ini memang menarik untuk dikunjungi. Lawang Sewu memiliki ciri khas bangunan dengan banyak sekali pintu, padahal sebenarnya Lawang Sewu tidak memiliki pintu hingga 1000 buah seperti namanya, namun untuk memudahkan dalam penyebutannya jadi dinamakan Lawang Sewu atau dalam bahasa indonesia berarti Pintu Seribu.

2. Wisata Masjid Agung Jawa Tengah

Kembali ke wisata religi, di Semarang terdapat sebuah Masjid yang juga menjadi ikon dari kota Semarang bernama Masjid Agung Jawa Tengah, bangunan Masjid Agung Jawa Tengah memiliki arsitektur yang sangat megah dengan campuran gaya Indonesia dan Arab. Di kawasan Masjid juga terdapat sebuah menara dimana kita bisa melihat pemandangan kota Semarang dari ketinggian, waktu terbaik untuk naik keatas menara adalah saat sore hari menjelang matahari terbenam, dari situ kita bisa melihat indahnya sunset dengan telescop yang sudah disediakan. Masjid Agung Jawa Tengah kini menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi, terutama bagi kamu yang mencari wisata keluarga dan religi.

3. Pantai Maron

Pantai Maron Semarang 2019

Pantai Maron yang terletak di sebelah barat Semarang, tepatnya di sekitar muara Sungai Silandak ini, bisa ditempuh dari dua tempat, yaitu dari Bandara Ahmad Yani atau dari Perumahan Graha Padma, Krapyak. Kira-kira berjarak 3 km dari jalan raya kita sudah bisa sampai di lokasi. Jika menggunakan kendaraan bisa ditempuh sekitar 10 menit. Namun jika ingin jalan kaki, dari ujung perumahan Graha Padma saja bisa memakan waktu 30 menit.

Sejarah Pantai Maron

Nama Maron sendiri konon karena pantai ini masih merupakan milik Penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad), karena merah maron merupakan warna khas baret Penerbad, maka pantai ini disebut Pantai Maron. Memang kurang jelas siapa yang mengelola Pantai Maron. Konon katanya Maron juga berasal dari singkatan Marina Kulon.

Jika berkunjung ke Pantai Maron pada Sabtu Sore, Minggu Pagi, Minggu Sore, atau hari-hari libur, bisa dipastikan pelancong yang datang sangat banyak. Bahkan bisa dikatakan tidak kalah dari jumlah pelancong di Parangtritis, Yogyakarta ataupun Kuta, Bali. Hampir setiap sudut pantai dan warung-warung di tepi pantai penuh oleh pengunjung.

4. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur – wisata semrangAir Terjun Kali Pancur adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang paling terkenal untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun Kali Pancur yang berlokasi di Desa Nogosaren, Semarang, ini mempunyai ketinggian air terjun sekitar 150 meter , dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau, dan memiliki beberapa goa walet . Sebelum anda datang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Kali Pancur, saya sarankan siapkan terlebih dahulu badan anda dan istirahatlah yang cukup karena anda kan melewati sekitar 900 anak tangga yang cukup melelahkan untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter, berada pada punggungan Gunung Telomoyo yang mengarah ke Danau Rawa Pening. Sepanjang punggungan gunung ini selain terdapat air terjun juga memiliki banyak tebing batu andesit dengan ketinggian bervariasi dari 20 meter sampai 100 meter. Di Lokasi ini banyak para pecinta alam melakukan panjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat. Selain dihiasi relief bebatuan alam serta sejumlah tumbuh–tumbuhan perintis, tebing air terjun itu juga dipenuhi goa kecil tempat berteduh bagi burung walet.

Tempat parkir di obyek wisata air terjun kali pancur ini cukup luas, Lokasi air terjun kalipancur ini sekitar 900m (dengan jumlah anak tangga lebih dari 800) dari pintu masuk. Disarankan bagi anda untuk memiliki fisik yang stabil dan membawa bekal makanan untuk berkunjung ke air terjun ini, karena track yang penuh tanjakan selalu anda temui saat menuju lokasi air terjun kalipancur. Namun begitu kondisi jalan menuju ait terjun ini mempunyai jalan yang sudah disemen dan baik, jadi memudahkan anda saat berjalan dan tidak tersesat. Untuk biaya masuk air terjun kedung kayang, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp.2.000/ orang dan biaya parkir Rp.1.000/ unit motor.

Hampir di sepanjang menuruni anak tangga, terdapat suara gemericik air pegunungan yang mengalir di samping anak tangga dengan pemandangan alam yang menakjubkan, dengan ketinggian air terjun sekitar 150 meter. Selain dihiasi relief bebatuan alam, tebing air terjun itu juga dipenuhi goa kecil tempat berteduh bagi burung walet. Setelah menikmati keindahan alam Air Terjun Kali Pancur ini sebaiknya menghemat tenaga, karena untuk kembali pulang pengunjung harus menyusuri lagi satu per satu anak tangga yang menanjak tadi.

Oiya tempat wisata ini selain cocok buat hunting fotografi, bisa juga digunakan untuk saling mempererat tali kasih sayang. Buktinya saat saya kesana sepanjang jalan turunan anak tangga menuju dasar air terjun banyak sekali berhiaskan para muda mudi yang sedang memadu kasih tanpa malu-malu mengumbar kemesraan dan tak menghiraukan lalu lalang pengunjung lain yang melintas di dekat mereka, seperti dunia milik mereka berdua saja.

5. Candi Gedong Songo

Menjauh sejenak dari pusat kota Semarang, tepatnya di Ungaran terdapat sebuah tempat wisata Semarang yang sudah sangat populer sebagai wisata alam dan sejarah, yaitu komplek Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo terletak di kaki gunung Ungaran, di kawasan Candi Gedong Songo terdapat 5 candi utama yang tersusun rapi dari bawah hingga keatas lereng gunung, penataan yang rapi dan fasilitas yang memadai menjadikan Candi Gedong Songo sangat ramai dikunjungi wisatawan, Candi Gedong Songo harus masuk dalam daftar tempat wisata wajib dikunjungi di Semarang versi kamu ya.

6. Kota Tua Semarang

Wisata Hits Semarang 2019 Kota Tua

Banyak orang yang menyenangi tempat-tempat bersejarah seperti kota tua, selain mengenang para pendahulunya juga banyak filosofi yang baik untuk kehidupan generasi sekarang.

7. Museum Rekor Indonesia.

Wisata Sejarah Semarang Museum Rekor Indonesia

Sumber Artikel : http:/www.brobali.com/2016/08/daftar-tempat-wisata-keren-di-semarang.html

Semoga bermanfaat “Tempat Wisata Semarang Indah Menarik, Mulai Heritage Hingga Gunung”

masjid agung semarangwisata lawang sewuwisata semarang