Tips dan Cara Agar Aki (Accu) Sepeda Motor Matik Awet dan Tahan Lama

Tulisan ini diperuntukan bagi yang memiliki sepeda motor khususnya yang matik, dimana penggunaan aki (accu) menjadi sangat dominan. Selain untuk menghidupkan starter sepeda motor aki berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti lampu utama, lampu sign, klakson, dan lainnya.

Kebanyakan penggunanya adalah ibu-ibu walaupun sekarang sudah banyak juga dbapak-bapak menggunakan matik. Khusunya kaum hawa seringkali menggunakan electrik stater (menghidupkan motor dengan tombol electrik), jarang yang menggunakan kick starter (atau menghidupkan mesin dengan manual). Karena memang tidak kuat untuk menggunkan standar tengah.

Dari pengalaman kami sejak membeli motor jenis Honda Vario aki sepeda bertahan kurang lebih selama 4 tahun, setelah itu mati dan loss tidak bisa diisi ulang, sehingga kami ganti dengan yang baru dengan harga sekarang sekitar Rp 280.000 yang asli Honda.

Tentu selain menambah anggaran belanja pergantian aki mengharuskan untuk segera diganti. Dengan alasan agar tidak merusak part lainnya.

Beberapa elemen terdampak aki mati :

  • Standar Tengah Rusak minta dilas. Hal ini terjadi ketika ibu-ibu tidak bisa kick stater kemudian minta tolong orang yang tidak faham. Diinjak tanpa menarik jok sehingga standar tengah sepeda bengkong dan tidak berfungsi .
  • Butuh energi extra karena harus menggunakan jagang tengah dan kick starter untuk menghidupkan sepeda matic.
  • Butuh waktu lama sekiranya tidak ada yang menolong menghidupkan (khususnya ibu-ibu).

Baca juga “Sejarah Serta Alasan Kuat Menggunakan Sepeda Motor Dan Mobil.”

Melihat beberapa dampak yang lumayan merugikan tentunya kita semua berharap agar memiliki motor matic dengan aki yang awet. Berikut beberapa tipsnya :

  • Jangan biarkan sepeda tidak digunakan.Minimal sering-sering dihidupkan 2-5 menit sehari (tentunya relatif). Agar pengisian listrik tetap terjadi dan stabil dalam proses supply.
  • Tetap gunakan electrik starter setiap hari, kecuali saat memanaskan pada pagi hari bisa menggunakan kick starter.
  • Setiap servis tanyakan kondisi aki jangan sampai telat mengisi cairan. Sehingga mengakibatkan rusak
  • Hindari jalan berlubang atau jalan yang tidak enak agar tidak terjadi goncangan yang mengakibatkan kerusakan komponen dalam aki.
  • Pastikan menggunkan aki asli bukan aki palsu atau merek tidak kompeten.
  • Penggunaan starter yang terlalu sering sangat berpengaruh, misalnya baru jalan beberapa kilometer, kemudian berhenti, lalu nyalakan mesin lagi pakai elektrik starter dan seterusnya seperti itu menyebabkan umur aki lebih pendek maka pastikan hal ini.

Demikian sedikit ulasan “Tips dan Cara Agar Aki (Accu) Sepeda Motor Matik Awet dan Tahan Lama,” semoga bermanfaat.

aki sepeda motor
Comments (0)
Add Comment