Search
Close this search box.

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Platform Merdeka Mengajar Kegiatan Membaca Bersama Peserta Didik

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Platform Merdeka Mengajar Kegiatan Membaca Bersama Peserta Didik

INITU.ID – Saat ini guru ataupun pengajar di Indonesia diharuskan menggunakan Platform Merdeka Mengajar atau disingkat dengan istilah PMM. Perlu kita jelaskan disini definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara, sebagai bapak pendidikan Indonesia adalah individu yang memiliki kemandirian secara fisik dan mental.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Pada tulisan kali ini akan kita bahas lebih mendalam terkait tema pemanfaatan buku nonteks bermutu bagian 3, membaca bersama peserta didik.

Post test modul 3 pada bagian 3 ini berisi seputar kegiatan membaca bersama peserta didik.

Bapak dan ibu guru dapat menjadikan soal dan jawaban post test modul 3 ini sebagai referensi belajar.

Adapun tema dalam post test modul 3 ini yakni tentang pemanfaatan buku nonteks bermutu.

Simak soal dan jawaban post test modul 3 pada Platform Merdeka Mengajar berikut ini.

1. Pasca kegiatan membaca bersama untuk kali pertama, Pak Hardi melihat peserta didik masih belum dapat memahami bagaimana bentuk kalimat yang lengkap.

Sebaiknya metode pengajaran seperti apa yang bisa Pak Hardi fokuskan guna mengatasi hal tersebut?

A. Berfokus pada pembahasan tentang kosakata baru

B. Berfokus pada kelancaran membaca peserta didik

C. Berfokus pada penggunaan tanda baca serta huruf kapital

D. Berfokus pada pemahaman isi bacaan pada buku

Jawaban: B

2. Fungsi adanya jadwal membaca mandiri di sudut baca adalah sebagai berikut, kecuali…

A. Peserta didik menjadi patuh terhadap kegiatan yang dirancang guru

B. Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan membaca

C. Peserta didik dapat memanfaatkan waktu luang dengan hal positif

D. Peserta didik dibiasakan membaca

Jawaban: A

3. Peserta didik hanya menyimak serta membaca berbagai kata pada buku ketika kegiatan membaca bersama.

A. Salah

B. Benar

Jawaban: A

4. Ketika kegiatan membaca nyaring, buku menjadi bintang. Apakah arti dari hal tersebut?

A. Buku harus dipakai dengan baik

B. Buku harus dipakai dengan rutin

C. Buku sebagai bentuk penghargaan pendidik bagi para peserta didik

D. Buku harus dibacakan apa adanya, berdasarkan teks tertulis dalam buku

Jawaban: C

5. Ibu Susi hendak melaksanakan kegiatan membaca bersama para peserta didik di kelas.

Hal yang harus dilakukan Ibu Susi sebelum kegiatan membaca dimulai adalah sebagai berikut, kecuali…

A. Mengajukan pertanyaan seputar tokoh, latar waktu, dan latar tempat

B. Menyebutkan nama penulis dan ilustrator

C. Mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan latar belakang pengetahuan para peserta didik tentang buku yang akan dibaca bersama

D. Memodelkan membaca teks pada buku dengan lancar, lantang, dan ekspresif

Jawaban: B

6. Sebelum kegiatan membaca dimulai, guru perlu memberitahukan durasi waktu bagi peserta didik untuk membaca mandiri, agar…

A. Dapat mengkondisikan lingkungan membaca yang nyaman

B. Peserta didik bisa membaca cepat dan dapat mengambil buku lainnya

C. Peserta didik bisa belajar memperkirakan kapan waktu untuk membaca dan menyelesaikan bacaannya

D. Tak ada pertanyaan-pertanyaan dari para peserta didik tentang kapan waktu selesainya kegiatan membaca

Jawaban: C

Demikianlah soal dan jawaban post test Modul 3 Platform Merdeka Mengajar tema pemanfaatan buku nonteks bermutu bagian 3.

Melalui kegiatan membaca bersama peserta didik, para guru dapat mengetahui kemampuan kelancaran membacanya.

Simak pula artikel soal dan jawaban post test Modul 3 Platform Merdeka Mengajar bagian 1 dan 2.

Demikian sedikit latihan untuk pembaca dengan tema pemanfaatan buku nonteks bermutu bagian 3, membaca bersama peserta didik, semoga bermanfaat

Lihat juga berita-berita INITU di Google News, Klik Disini

Share the Post:

Related Posts