Daftar Perguruan Pencak Silat di Indonesia dari Yang Tertua

Pencak silat merupakan oleh raga yang sangat populer di Indonesia, sehingga tidak heran apabila banyak sekali perguruan pencak Tanah Air ini. Berikut beberapa daftar perguruan pencak silat di Indoneisa dari yang tertua hingga yang termuda.

Pencak Silat di Indonesia

  • Merpati Putih

Merpati Putih (MP) merupakan salah satu perguruan pencak silat bela diri Tangan Kosong (PPS Betako) dan merupakan salah satu aset budaya bangsa, mulai terbentuk aliran jenis beladiri ini pada sekitar tahun 1550-an dan perlu dilestarikan serta dikembangkan

Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang dalam bahasa Indonesia berarti “Mencari sampai mendapat Kebenaran dengan Ketenangan” sehingga diharapkan seorang Anggota Merpati Putih akan menyelaraskan hati dan pikiran dalam segala tindakannya. Selain itu PPS Betako Merpati Putih mempunyai motto: “Sumbangsihku tak berharga, namun Keikhlasanku nyata”.

Alamat Merpati Putih JAKARTA PUSAT Jl. SMU 14 Barat II / 24 RT.03/04 Cililitan. JAKARTA TIMUR – 13640 021-7208732 

Untuk alamat masing masing cabang bisa menghubungi masing-masing daerah

  • Pencak Silat Cimande

Ada beberapa versi tentang sejarah pencak silat Cimande, berdasarkan versi yang berkembang di daerah Priangan Timur (terutama meliputi daerah Garut dan Tasikmalaya dan juga Cianjur selatan). Berdasarkan versi yang ini, Abah Khaer belajar Silat dari istrinya.

Abah Khaer diceritakan sebagai seorang pedagang (dari Bogor sekitar abad 17 sampai abad 18) yang sering melakukan perjalanan antara Batavia, Bogor, Cianjur, Bandung, Sumedang, dan sebagainya. Dan dalam perjalanan tersebut dia sering dirampok, itu terjadi sampai istrinya menemukan sesuatu yang berharga.

Baca juga “Sejarah Pencak Silat”

  • Persaudaraan Setia Hati Terate

Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT ) adalah organisasi olahraga yang diinisiasi oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 dan kemudian disepakati namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres pertamanya di Madiun Jawa Timur pada tahun 1948.

 Setiap tahun Persaudaraan Setia Hati selalu mendapatkan anggota baru, sehingga memiliki jumlah anggota yang terus meningkat.

Alamat Padepokan Persaudaraan Setia Hati Terate
Jalan Merak No. 10, Kota Madiun
Provinsi Jawa Timur – 63128
Indonesia

0351 451548 / 081319917846

  • Pencak Silat PAMUR

PAMUR dibentuk oleh Raden Hassan H. S. pada tanggal 31 Desember 1951 di Pamekasan, Madura. PAMUR adalah Pencak Silat tangan kosong, tetapi dalam PAMUR juga tetap diajarkan 8 unsur senjata.

Ciri khas PAMUR adalah permainan menengah, ciri ini berbeda dengan ciri-ciri yang ada pada beberapa pencak silat lainnya, seperti: Minangkabau, Melayu, Fort De Cock, Cimande, Tanah Merah, Mandar, Bang Simin, Cik Agil.

Alamat Gg. V C No.24, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65136

  • Perisai Diri

Organisasi pencak silat satu ini didirikan di Surabaya pada 2 Juli 1955. Salah satu yang khas dari perguruan ini adalah adanya 156 aliran yang dikategorikan berdasarkan karakter gerakan silat.

Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri atau disingkat Kelatnas Indonesia Perisai Diri didirikan oleh Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo pada tanggal 2 Juli 1955 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Alamat Jl. Pucang Anom Timur No.50 Kota Surabaya 60292

Baca juga “Daftar Anggota Persilat

  • Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Perguruan yang satu ini mungkin kalian sudah sering dengar. Perguruan yang berdiri pada 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta, ini tak sekadar perguruan silat melainkan juga sebagaiwadah silaturahmi para anggota organisasi Muhammadiyah. Pada tahun 1964 Tapak Suci diterima sebagai organisasi otonom Muhammadiyah.

Alamat Tapak Suci Jalan Kates Raya No. 44, Tembok Banjaran, Adiwerna, Banjaran, Tembok Banjaran, Kec. Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah 52194

  • Pagar Nusa

Menurut Ensiklopedia NU, Pagar Nusa bertugas menggali, mengembangkan, dan melestarikan seni bela diri pencak silat Indonesia. Nama resminya adalah lkatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) Pagar Nusa kemudian sekarang membuang kata ikatan, menjadi Pencak Silat NU. Sedangkan Pagar Nusa sendiri berarti pagarnya NU dan bangsa. 

Pagar Nusa dibentuk pada 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. NU mengesahkan pendirian dan kepengurusannya melalui Surat Keputusan tertanggal 9 Dzulhijjah 1406/16 Juli 1986. 

Lahirnya Pagar Nusa berawal dari perhatian dan keprihatinan para kiai NU terhadap surutnya ilmu bela diri pencak silat di pesantren. Padahal, pada awalnya pencak silat merupakan kebanggaan yang menyatu dengan kehidupan dan kegiatan pesantren. 

Alamat : Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219 untuk informasi bisa melalui akun facebook Pagar Nusa

Terima kasih sudah membaca “Daftar Perguruan Pencak Silat di Indonesia dari Yang Tertua,” semoga bermanfaat.

Baca juga websute kami Tips Online

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.