Doa Singkat Bagaimana Bersikap Saat Kita Lagi Marah

Doa Singkat Bagaimana Bersikap Saat Kita Lagi Marah

0

Doa Singkat Bagaimana Bersikap Saat Kita Lagi Marah.

 

Setiap makhluq hidup seperti manusia dikarunia perasaan, ada kalanya senang dan bahagia adakalanya jga tergoda untuk marah. Apa sebenarnya marah itu?

Secara pengertian bahasa umum kemarahan, berasal dari kata marah (bahasa Inggris: wrath, anger; bahasa Latin: ira), adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin.

Rasa marah menjadi suatu perasaan yang dominan secara perilaku, kognitif, maupun fisiologi sewaktu seseorang membuat pilihan sadar untuk mengambil tindakan untuk menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar

Terkadang expresi kemarahan seseorang berbeda-beda, ada yang dipendam ada juga yang dikeluarkan. Yang justru terkadang mengakibatkan banyak kerugian. Bisa sakit secara fisik maupun mental seseorang.

Begitu mulianya orang yang bisa menahan marah. Nabi Muhammad Saw. dalam sebuah haditsnya menyebut orang yang bisa menahan marah adalah orang yang kuat. Lebih kuat dari pada pegulat sekalipun. Lantas, bagaimana kalau kita sudah dalam keadaan sedang marah. Apa yang hendak kita lakukan?

Pertama, apabila teman-teman sedang marah, maka cobalah untuk merubah posisinya. Maksudnya begini. Bila marah saat sedang berjalan maka hendaklah berhenti berjalan. Jika saat marah pada posisi berdiri maka hendaklah duduk. Jika marah sedang duduk maka segeralah berbaring. Kedua, bergegaslah untuk mengambil air wudhu. Yang ketiga, membaca doa. Inilah yang merupakan adab-adabnya. Bunyi doa ketika marah adalah sebagai berikut.

Doa Saat Marah Kita Lengkap Dengan Artinya

A’UU DZUBILLAAHI MINASYSYAIfTHAA NIRRAJIIM
Yang artinya : “Aku berlindung kepada Allah dan setan yang terkutuk.”

Doa tersebut bersumber dari Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim. Kemuliaan orang yang bisa menahan marah yang juga sebagai tandanya orang bertaqwa terdapat dalam firman Allah Swt. dalam Al Quran Surat Ali Imran ayat 134.

Yang artinya :
“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

 

 

 

Demikian sedikit “Doa Singkat Bagaimana Bersikap Saat Kita Lagi Marah,” semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.