Bacaan Semua Kalangan

Fakta Menarik Hewan Panda Ternyata Hanya Melahirkan Satu Bayi

0

Benarkah hewan yang identik dengan warna putih dan hitam ini berasal dari China ?. Ternyata anggapan tersebut keliru

Namanya adalah Agriarctos beatrix dan fosilnya malah ditemukan di Spanyol, bukan di Tiongkok. Ukurannya lebih kecil dari Panda, hanya berbobot 60kg. Dari temuan ini, beberapa peneliti berpendapat besar kemungkinan panda sebenarnya hidup di Eropa terlebih dahulu baru bermigrasi ke Tiongkok.

Sejarah Nama Panda

Panda memiliki nama Tiongho 熊猫 (xiong mao) yang artinya “kucing-beruang,” dan juga bisa dibaca dibalik tanpa mengubah arti. Hewan ini dinamai panda di Barat karena mirip dengan Panda Merah, dan dulunya dikenal sebagai Beruang Belang (Ailuropus melanoleucus).

Sementara itu dalam bahasa Inggris ada yang menamakan dengan kata giant. Panda termasuk berukuran raksasa mengingat besarnya bisa mencapai 150cm dan punya berat 150kg. Umumnya, para pejantannya punya bobot 10 hingga 20 persen lebih berat daripada sang betina.

Orang Tiongkok begitu menyayangi hewan panda. Bahkan anak kecil sudah mengenalnya dalam sebuah film yan sangat populer yaitu kungfu panda.

Orang di China tidak hanya memberinya makan, namun saat ada panda yang terluka mereka langsung melaporkannya kepada pihak berwenang. Selain menjadi simbol persahabatan dan perdamaian, orang Tiongkok juga terkadang menyambungkan panda dengan Yin Yang.

Bayi panda mulai berjalan pada umur tiga bulan. Di saat yang sama pula, mereka juga sudah bisa mulai makan makanan padat, termasuk bambu.

Siapa yang menyangka hewan yang dikenal herbivora ini malah punya sistem pencernaan seperti pemangsa karnivora? Itu dikarenakan dirinya masih berkeluarga dengan beruang. Namun demikian pencernaannya telah berevolusi sedemikian rupa, mengikuti makanannya. Oh iya, panda mampu memakan 38kg bambu setiap harinya.

Mengapa Panda Hanya Melahirkan Satu Bayi

Ada sebuah fakta menarik tentang panda, ternyata hewan ini hanya melahirkan satu bayi. Induk panda terkenal melimpahkan kasih sayang yang sangat besar kepada bayinya. Sekitar anak panda berumur satu tahun , induk panda juga mengajari anaknya hidup mandiri.

Setelah itu barulah Panda beranak lagi setelah bayinya hidup mandiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.