Fungsi, Contoh dan Cara Membuat Company Profile Perusahaan Menarik

Company Profile sangat penting bagi sebuah perusahaan, baik berskala besar maupun berskala menengah dan kecil. Sederhana tapi menjadi pintu komunikasi dengan pihak lain.

Pengertian Company Profile

Company profile adalah sebuah produk baik cetak maupun digital untuk memperkenalan secara profesional sebuah bisnis baik produk atau jasa dengan tujuan memudahkan memahami informasi dari sebuah perusahaan dengan efektif dan efisien.

Company profile yang disajikan secara cetak sendiri selain lebih ekslusive juga memiliki beberapa keterbatasan dan kekurangan. Seperti daya jangkau dan kemudahan akses, sehingga website perusahaan menjadi alternatife untuk menyajikan company profile tersebut.

Fungsi Company Profile

Company profile seperti kita ketahui merupakan bagian dari tools pintu masuk kepada pihak lain, baik sebagai klien baru maupun klien yang sudah lama. Company profile sendiri memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai berikut

Sebagai Media Publikasi dan Branding

Salah satu unsur penting sebuah perusahan adalah value branding yang akan ditawarkan. Dalam company profile setidaknya bisa dicantumkan sebagian kecil dari fungsi tersebut seperti pencantuman logo, warna, produk utama, bahkan sampai dengan visi dan misi sebuah perusahaan.

Gambaran Umum Perusahaan

Gambaran umum sebuah perusahaan ditampilkan dalam sebuah company profile, Mulai dari visi misi perusahaan yang paling mendasar. Kemudian riwayat pekerjaan yang sudah dikerjakan sebagai portofolio.

Dan yang tidak kalah penting adalah menampilkan juga produk dan jasa yang ditawarkan dengan melampirkan beberapa legalitas yag bisa dipertanggung jawabkan.

Toolkit Wajib

Seiring dengan perkembangan waktu, penyajian company profile sendiri ada beberapa macam cara. yang konvensional adalah dengan cetak, dan yang terbaru adalah menggunakanmedia website atau online sehingga bisa memudahkan akses kepada siapapun. Dan sifatnya menjadi wajib sebagai toolkit marketing.

Dan tentunya sangat mendukung pekerjaan sebagai publik relation, memudahkan untuk presentasi dan menawarkan produk perusahaan anda.

Cara Membuat Company Profile

Agar company profile bisa menarik perhatian tentu perlu di desain sebaik dan seefisien mungkin dalam menyajikannya. Berikut contoh dan beberapa unsur unsur yang harus ada didalamnya

Contoh Company Profile
Contoh Company Profile

Beberapa unsur yang ditampilkan dalam company profile anatara lain adalah nama perusahaan beserta logo, alamat lengkap beserta kontak yang bisadihubungi. Selanjutnya menampilkan project yang sudah pernah dikerjakan bila sudah ada agar meyakinkan konsumen.

Alur Pekerjaan Proyek dalam proposal
Alur Pekerjaan Proyek dalam proposal

salah satu unsur penting yang perlu ditampilkan dalam company profile adalah bagaimana anda menyelesaikan sebuah pekerjaan. Menyajikan alur proses penyelesaian akan sangat bagus bisa disajikan secara sederhana.

Selain point point penting, visi dan misi serta komisaris atau pengurus perusahaan, legalitas juga perlu ditampilkan dalam company profile, terutama terkait denganpekerjaan yang ditawarkan.

Beberapa Display Optional

Beberapa opsional yang bisa ditampilkan juga antara lain, experiance list sebuah perusahan, tim yang ada sekarang, serta testimony dan harga penawaran bila diperlukan untuk surat resmi.

Tips Agar Company Profile Menarik

Agar menarik sebuah company profilebisa dicoba beberap atips berikut

  • Sajikan secara sistematis
  • Design sebaik dan semenarik mungkin
  • Tonjolkan portofolio sesuai dengan kebutuhan
  • Pastikan penerima componay profile sudah anda kenal terlebih dahulu agar mudah komunikasinya.

Demikian sedikit ulasan “Fungsi, Contoh dan Cara Membuat Company Profile Perusahaan Menarik,” semoag bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.