Bacaan Semua Kalangan

Gambar Alat Musik Tradisional Daerah Indonesia dari Berbagai Provinsi

Gambar Alat Musik Tradisional/Daerah Indonesia dari Berbagai Provinsi

0

INITU.ID – Berikut coba kita simak gambar alat musik tradisional daerah Indonesia dari berbagai provinsi

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, adat-istiadat dan lain sebagainya, yang terbentang luas mulai dari Sabang sampai Merauke.

Maka dari itu, tak heran jika Indonesia disebut sebagai negara paling kaya. Salah satu contoh kecilnya adalah keberagaman alat musik tradisional berikut ini.

Baca juga: Sejarah Televisi Mulai Analog Hingga Digital Dan Akhir TV Analog 2022

Berikut berbagai alat musik yang ada di Indonesia

Serune Kalee

Gambar Alat Musik Tradisional Indonesia Serune Kalee dari Provinsi Aceh
Gambar Alat Musik Tradisional Indonesia Serune Kalee dari Provinsi Aceh

Alat musik yang akan kita bahas pertama kali adalah dari daerah Aceh sendiri memiliki alat musik tradisional yang dinamakan serune kalee. Cara pemakaian musik asal daerah Aceh ini sangatlah mudah cukup dengan meniupnya maka sudah menghasilkan berbagai bunyi cara kerjanya mirip dengan seruling.

Ada berbagai jenis suara yang dihasilkan dari serune ini diantaranya aerofon yang mana berfungsi untuk memberikan pengaturan nada yang keluar dari serune kalee caranya yaitu dengan membuka tutup lubang lubang yang terdapat pada bagian serune kalee dengan suatu teknik tertentu.

Angklung

Angklung merupakan sebuah alat musik yang multitonal (bernada ganda). Alat musik tradisional ini banyak tumbuh dan berkembang di pulau Jawa bagian barat (tanah Sunda). Cara memainkan alat musik yang terbuat dari bambu ini juga cukup mudah, yaitu dengan cara digoyangkan. Angklung biasanya dimainkan dengan lagu daerah sunda.

Alat Musik Angklung
Alat Musik Angklung Pixabay

Bedug

Bedug merupakan alat musik tradisional yang secara fisik mirip dengan gendang, hanya saja ukurannya lebih besar. Bedug biasanya digunakan untuk ritual keagamaan ataupun politik. Alat musik yang satu ini bisa kita jumpai diberbagai daerah di Indonesia, khususnya di masjid-masjid.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.