Hari Ramadhan 2017 dan Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal Berapa ?

Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa ?

Sebuah pertanyaan yang sering diucapkan oleh netizen adalah “Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa ?”. Tidak heran karena bulan suci bagi umat Islam ini sangat dinanti nanti kehadiranya, salah satunya adalah menjalankan ibadah wajib puasa bulan ramadhan.

Sama dengan tahun tahun sebelumnya metode penetapan bulan hijriah yang diyakini umat Islam memiliki beragam metode, salah satunya yang sering kita dengar yaitu metode hisab dan metode rukyat.

Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah. Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). (wikipedia)

Walaupun dalam kenyataan dilapangan keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan, akan ada disatu titik yang memerlukan musyawarah sehingga ada yang dikenal dengan sidang Isbat yang biasanya dilakukan pada akhir bulan tersebut.

Sementara itu salah satu ormas keIslaman Muhammadiyah lebih mendahulukan pengumuman Awal puasa Ramadhan yang akan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017, sementara Idul Fitri akan jatuh pada 25 Juni 2017.

“Dengan demikian, warga Muhammadiyah, dan umat Islam se-Indonesia akan memulai shalat tarawih sejak Jum’at malam (26 Mei),” jelas Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Nadjib Hamid MSi seperti dikutip dari pwmuco

Bagi umat Islam Indonesia perbedaan metode penentuan awal bulan sudah beberapa kali terjadi dan bisa dihadapi dengan lapang dada. Dan tentunya tetap memperhatikan ukhuwah Islamiyah dan menunggu serta menghormati kepetusan pemerintah yang melakukan sidang Isbat.

Jadi kalau ada yang bertanya “Ramadhan 2017 Jatuh Pada Tanggal Berapa ?” sudah tau yaa jawabanya. semoga kita diberikan kesempatan untuk bertemu bulan yang mulia tersebut.. Aamiin

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.