Bacaan Semua Kalangan

Hasil Perhitungan Cepat (Quick Count) Pilgub Kalimantan Barat 2018

Hasil Perhitungan Cepat (Quick Count) Pilgub Kalimantan Barat 2018

0

Profil Kalimantan Barat

Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak.

Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi “Seribu Sungai”. Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia.[4] Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut, akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Barat menurut sensus tahun 2016 berjumlah 5.365.256 jiwa (1,85% penduduk Indonesia).

Berikut hasip perhitungan cepat (Quick Count) Pilgub Kalimantan Barat

1. Milton Crosby dan Boyman Harun = 7,07 %
2. Karolin Margret Natasa – Suryatman Gidot = 34,05%
3. Sutarmidji dan Ria Norsan = 58,89%

Untuk hasil resmi menungu rilis dari KPU, karena data diatas hanya rangkuman dari beberapa lembaga survei yang dipublikasikan.

 

Survei LSI

“Pasangan Midji-Norsan (Sutarmidji-Ria Norsan) adalah pasangan yang saat ini paling berpeluang menang. Saat ini elektabilitas pasangan hasil survei dengan metode pertanyaan tertutup bahwa Sutarmidji-Ria Norsan diangka 48,5 persen, diikuti pasangan Karolin Margaret Natasa-Suryadman Gidot dengan elektabilitas sebesar 30,0 persen, dan terakhir pasangan Milton Crosby-Boyman Harun dengan angka sebesar 7,2 persen,” kata Direktur KCI-LSI Network Adji Alfarab dikutip dari Antara, Sabtu (23/6).

Pilgub Kalbar Versi Hanta Yudha Sutarmidji dan Ria Norsan Menang

Versi Hanta Yudha

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda mengatakan elektabilitas pasangan Sutarmidji-Ria Norsan meraih 53,5 %. Disusul pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 32,3 % dan Milton Crosby-Boyman Harun 5,4 %.

Sumber Tribunnews | Merdeka | Wikipedia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.