Bacaan Semua Kalangan

Inilah 20 Olahraga Ekstrem Cocok Buat Yang Suka Tantangan

0

Olahraga sudah sangat lekat dalam kehidupan kita. Bila ingin sehat jasmani maka jangan lupa untuk berolahraga. Sepak bola, basket, voli, renang mungkin sudah sering kita coba. Bahkan sering kita ikuti dan tonton dalam berbagai turnamen dan pertandingan

Tetapi tahukah anda bahwa selain olahraga itu ada yang namanya olahraga ekstrem. Olahraga ekstrem berarti olahraga yang luar biasa atau berbahaya. Meskipun berbahaya namun peminatnya semakin banyak. Biasanya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan memerlukan ketrampilan khusus. Dan juga dilengkapi berbagai macam peralatan sehingga cenderung lebih mahal.

Apa saja olahraga ekstrem tersebut, berikut sedikit ulasan dari kami untuk pembaca sekalian :

Skateboard

Penggemar skateboard umumnya adalah kalangan remaja. Pada awal kemunculannya bentuk papan luncur tidak seperti sekarang tetapi lebih mirip scooter atau otopet. Seiring berjalannya waktu ada perubahan menonjol, yaitu hilangnya handle pada skateboard.

Beberapa peralatan yang harus dimiliki yaitu : papan skate, helm, pelindung lutut, pelindung siku, sepatu dan yang penting adalah ada arena khusus agar lebih save.

Dalam perlombaan yang menjadi dasar penilaian adalah penguasaan teknik bermain . Perlombaan internasional pertama diadakan di Pier Avenue Junior School Hermosa, California 1993. Yang menjadi juara saat itu adalah Tony Hawk.

Mountain Climbing

Mendaki gunung atau dikenal dengan mountain climbing termasuk olehraga ekstrem penuh petualangan dan tantangan. Dengan resiko yang tinggi pendaki perlu memiliki ketrampilan, kecerdasan, kekuatan serta tidak mudah menyerah.

Awal mula olahraga ini tidak dijelaskan secara rinci, namun sekitar abad 16 penduduk sekitar gunung Alpen. Gunung yang membentang dari Prancis, Swiss, Italia dan Austria. Ada perlombaan untuk mencapai puncak yang diprakarsai oleh ilmuwan dari Jenewa bernama HOrace Bendicat de Saussure.

Menurut kegiatan dan jenis medannya, mounteneering terbagi menjadi tiga bagian, yaitu hill walking, srambling dan climbing.

Rock Climbing

Olahraga ini merupakan bagian dari rangkaian mendaki gunung. Asal mula penja tebing tidak bisa dipisahkan dari upaya pendakian Mont Blanc.

Pada tahun 1865, Edward Whymper dan enam rekannya berhasil mencapai puncak Matterhorn di Swiss. Upaya pemanjatan tebing dilakukan lagi oleh Clinton Dent bersama timnya pada tahun 1878. Clinton Dent berhasil menaklukan puncak Aiguille du Dru sehingga olahraga ini semakin populer.

Caving

Caving merupakan istilah yang umum digunakan untuk menyebut kegiatan penelusuran gua. Pada tahun 1674, seorang geologis dan ahli bedah dari Inggris, John Beaumont, melakukan pencatatan ilmiah penelusuran gua sumuran (potholing) yang kali pertama dan diakui oleh British Royal Society .

Bungee Jumping

Olahraga ekstrim ini berawal dari kebudayaan penduduk pulau Pantekosta di Vanuatu. Salah satu tujuannya adalah untuk menguji keberanian para pemuda disana.

Pada tahun 1950 David Attenborough dan seorang pekerja film BBC berkunjung ke pulau tersebut. Kemudian merekam dan difilmkan.

Olahraga ekstrim Bungee Jumping
Olahraga ekstrim Bungee Jumping

Snowboard

Olahra ini merupakan kepanjangan dari skateboard yang dilakukan di atas salju. Papan yang digunakan dalam snowboard tidak menggunakan roda tetai menggunakan salju tersebut.

M.J Burchett suatu hari memotong anak tangga yang terbuat dari kayu kemudian mengikat pada kakinya dan mulai meluncur.

Ski Jumping.

Ski jumping dilakukan saat musim dingin. Titik berat dari olahraga ini terletak pada lompatannya. Arena dirancang sedemikian rupa agar pemain dapat melompat sejauh ynag ia bisa.

Awalnya olahraga ini adalah kebiasaan wara penduduk Morgedal, Norwegia. Kompetisi pertama diadakan di Trysil pada tahun 1862.

Formula 1.

Balap mobil F1 berawal sejak mesin berbahan bakar bensin diperkenalkan oleh Nikolaus Otto pada tahun 1876. Balapan dari kota PAris ke Rouen pada tahun 1894, menjadi cikal bakal balap F1.

Balap formula 1 sempat terhenti saat terjadi Perang Dunia I dan II. Secara resmi, baru mulai pada 13 Mei 1950 di sirkuit Silverstone, Inggris.

Rally.

Rally merupakan bagian dari balapan yang melintasi jalur yang terbuat dari aspal, jalan tanah, salju dan padang pasir. Balapan ini lebih dikenal dengan WRC (World Rally Championship). Sementara yang menggunakan rute Dakkar lebih dikenal dengan Rally Paris-Dakkar.

Lomba pertama pada tahun 1970 dengan menggunakan mobil Lancia Stratos dan Ford Escord RS.

Moto GP.

Kejuaraan Grand Prix Motor pertama kali dicetuskan oleh Federasi Motor Internasional. Pertama kali diadakan pada tahun 1949. awalnya ada beberapa kelas antara lai 50cc, 80cc, 125cc, 350cc, dan 500cc. Kini kategori yang dilombakan ada 3 kelas yaiut 125cc, 250cc dan Moto GP

Motorcross

Motocross mulai muncul pada tahun 1860 dengan sepeda motor sederhana bermesin uap. Inovasi ini diciptakan oleh ilmuwan asal Inggris bernama Pierre Michaux. Pada awal 1900-an mulai banyak penggemar olahraga ekstrim ini. sampai tahun 1920-an balap motor ini terus berkembang menjadi kompetisi yang dikenal dengan sebutan “Motocross” yang diadakan di Camberley, Inggris. Saat itu kompetisi ini bernama British Off-Road. Tahun 1960-an mesin sepeda motor 2 stroke mulai muncul dan pada 1970-an kompetisi olahraga ekstrim ini berkompetisi di sebuah arena balap.

Berbagai perusahaan motor Eropa seperti Swedia, Cekoslovakia, dan Inggris saling bersaing untuk menciptakan motor yang ringan saat melakukan manuver. Pada akhir 1960 industri motor Jepang memproduksi sepeda motor berkualitas tinggi. Perusahaan Suzuki berhasil masuk dalam kejuaran dunia Motocross untuk level 250 cc tahun 1972 di Los Angeles Coliseum.

Tahun 1990 kebijakan terhadap produksi sepeda motor empat stroke diberlakukan agar mematuhi standar ramah lingkungan. Sampai saat ini motocross terus berkembang dengan bentuk baru dan kompetisinya diadakan di sebuah arena motocross internasional yang bagus seperti Supercross dan Motocross Freestyle Arenacross.

BMX.

BMX  merupakan kependekan dari Bicycle moto cross. Olahraga ini dimulai pada akhir tahun 1960-an di California, AS, sewaktu olahraga motorcross populer di sana.  Olahraga balapan dengan mesin itu kemudian menjadi inspirasi lahirnya kompetisi versi tenaga manusia.

Dengan demikian anak-anak dan remaja yang memiliki keinginan untuk mengikuti motorcross, dapat memenuhi hasrat mereka terlebih dulu dengan balap sepeda di jalur yang dibangun sendiri.

Balapan BMX menawarkan aksi seru dengan biaya rendah dan dekat dari rumah. Sangat mudah untuk melihat mengapa olahraga itu menjadi hit secara instan. Di California, olahraga ini lebih populer daripada di tempat lain.

Pada awal 1970-an, sebuah badan pengamanan untuk BMX didirikan di AS. Langkah ini pun dianggap sebagai awal balap BMX secara resmi. Seiring kemajuan zaman, olahraga ini diperkenalkan di benua lain, di antaranya di Eropa pada tahun 1978.

Pada bulan April 1981, Federasi BMX Internasional didirikan dan setahun kemudian kejuaraan dunia pertama diselenggarakan.

Sejarah Olahraga Ekstrim BMX
Sejarah Olahraga Ekstrim BMX

Setelah itu BMX berkembang dengan cepat sebagai entitas olahraga yang unik. Setelah beberapa tahun berkembang, BMX memiliki lebih banyak kesamaan dengan bersepeda daripada sepeda motor. Akhirnya, sejak Januari 1993, BMX terintegrasi sepenuhnya ke dalam Union Cycliste Internationale (UCI).

Di Indonesia sendiri BMX menjadi olahraga yang populer. Pada Olimpide Rio tahun lalu, Indonesia bahkan mampu mengirim atlet elite putra BMX yang berlomba di nomor BMX SX, yakni Toni Syarifudin.

Drag Race.

Salah satu kategori balapan paling sering di temukan di sekitar, yaitu DRAG RACE. Pengertian dari drag race sendiri adalah, balapan trek lurus yang biasanya di gunakan oleh pengguna motor 2-tak (2-stroke)  karena tipe mesin 2 langkah yang melesat sangat cepat di awal start dan seterusnya.

Drag race ini biasanya di lakukan oleh para joki balap liar di jalanan. Paling sering di pakai di balapan liar karena syarat-syarat balap tersebut tidak sulit di lakukan. hanya dengan balapan trek lurus adu kecepatan oleh 2 orang joki dan pemenangnya adalah yg mencapai di garis finis lebih dulu.

FMX

Sejarah Olahraga FMX
Sejarah Olahraga FMX

Olahraga ekstrim FMX (Freestyle Moto-Cross). Merupakan olahraga motor cross dengan gaya bebas

Surfing.

Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. 

Water Ski.

Ski air adalah olahraga air yang pemainnya meluncur di atas air menggunakan papan yang ditarik dengan perahu. Ski air menjadi salah satu cabang olimpiade pada tahun 1972.Ski air membutuhkan peralatan antara lain papan ski, tali penarik beserta peganggan, sarung tangan, pelampung, dan perahu penarik.

Sejarah Olahraga Ekstrim Water Ski
Sejarah Olahraga Ekstrim Water Ski

Selain menggunakan papan ski, ski air juga dapat menggunakan pelampung atau dikenal dengan istilah tubing, pelampung ini juga digunakan sebagai sarana pembelajaran melatih keseimbangan bagi pemain pemula.

Canoe

Di Indonesia lebih dikenal dengan kano. Yohanes Macgregor merancang perahu kano yang memiliki galadak dan dilengkapi dengan tiang. Berjalan dengan cara didayung. Macgregor menggunakan kanonya untuk berlayar sepanjang Eropa dan Timur Tengah

Rafting.

Cikal bakal rafting atau arum jeram sudah ada sejak zaman purba, manusia lebih banyak tinggal di dekat sumber air, seperti sungai, danau, dan laut

River Boarding.

Lebih dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai selancar sungai perpaduan antara selancar air dan arung jeram.

River Boarding Ekstrim Sport
River Boarding Ekstrim Sport

Scuba Diving.

Scuba adalah menyelam menggunakan scuba. Diving atau menyelam berawal pada PErang Dunia ke-2, saat itu AS membutuhkan pasukan di dalam air. Namun karen atidak bisa bertahan lama.

Dr Cristian Lamberstsen berhasil membuat alat yaitu berupa tabung oksigen agar bertahan lebih lama,

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.