Inilah 9 Kuliner Enak dan Lezat Indonesia Yang Mendunia

Sebagai warga Indonesia, kita tidak boleh melupakan makanan khas sekaligus kekayaan bangsa yang perlu diwariskan. Setidaknya kita mengetahui apa saja makanan khas yang tersebar di penjuru Indonesia. dan tentunya yang paling penting bagaimana meneruskan kekayaan warisan Indonesia ini kepada generasi penerus bangsa.

  1. GUDEG

Gudeg merupakan salah satu kuliner asal Yogyakarta, atau tepatnya menjadi makanan favorit keluarga kerjaan saat itu, seiring dengan berjalannya waktu Gudeg menjadi makanan rakyat dan menjadi kuliner khas Yogyakarta.

Kuliner Kuliner Enak dan Lezat Indonesia Yang Mendunia

2. RENDANG

Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.
Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

3. SOTO KHAS INDONESIA
Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, dan soto kambing.
Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, dan koya.

4. NASI DAN SATE PADANG

Padang sangat terkenal dengan kulinernya yang mendunia dan hampir bisa ditemui dimanapun kita berada, jika kita mengunjungi suatu daerah. Nasi padang selain cocok di lidah menu ini sangat lengkap mulai dari gorengan kuah, sambal, sayuran,

5. GADO GADO

Gado Gado Kuliner Lezat Indonesia Yang Mendunia
Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah dan yang dihaluskan disertai irisan telur dan pada umumnya banyak yang menambahkan kentang rebus yang sudah dihaluskan untuk saus gado gado kentang rebus dimasak bersamaan dengan bumbu kacang kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

6. NASI GORENG

Nasi Goreng semakin mendunia detika disebut oleh mantan presiden Amerika Obama. Nasi goreng juga bisa ditemui baik stan modern maupun stan tradisonal dengan beragam citarasa. Nasi Goreng lebih lezat dengan dicampur telor dan beberapa sayuran sebagai pelengkat,

Ditambah lombok debagai sambal alami, dan tomat atau timun untuk mengurangi kolesterol

7. RAWON

rawon masakan lezat indonesia

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).
Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek. Di luar negeri, rawon disebut sebagai black soup.
Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.