Inilah Daftar 10 Universitas Tertua di Benua Asia

0

Benua Asia selain berpredikat sebagai benua terbesar di Asia, juga memiliki populasi lebih dari 4,42 miliar penduduk yang menetap di benua Asia, dengan kata lain benua ini merupakan benua dengan penduduk terbesar dan terpadat di dunia.

Dan yang menjadi pusat perhatian tentu peradabannya dimana kampus menjadi acuannya, disini anda akan menemukan banyak pusat pendidikan. Inilah beberpa Universitas legendaris yang mendapat gelar tertua di benua terbesar di Bumi.

Beberapa kampus tertua ini sudah ada dan stabil lebih dari satu abad lalu. Berikut ada 10 universitas atau kampus yang paling tua di Asia, seperti dikutip asianranking.com:

1. University of Santo Tomas, Filipina – 1611.

University of Santo Tomas, Filipina
University of Santo Tomas, Filipina : bayanpages.com

University of Santo Tomas Filipina didirikan pada 28 April 1611 oleh Miguel de Benavides, uskup agung ketiga Manila.

Berlokasi di Kota Manila, kampus ini merupakan kampus penelitian Katolik Roma. Slogan kampus ini, “Truth is Charity”.

Kampus ini dideklarasikan sebagai Bangunan Bersejarah Nasional oleh Komisi Sejarah Nasional Filipina pada 2011.

2. Serampore College, India – 1818.

Berlokasi di Serampore, India, kampus ini didirikan pada 1818. Saat itu, kampus ini mempekerjakan 17 staf pengajar dan 30 staf non pengajar.

3. Dhaka College, Bangladesh – 1841.

Dhaka College, Bangladesh
Dhaka College, Bangladesh

Sekolah tinggi Dhaka College didirikan pada 1841. Kampus umum ini berlokasi di Dhaka, ibu kota Bangladesh. Kampus ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dan berafiliasi dengan National University

4. Universitas Indonesia, Indonesia – 1949.

Didirikan pada 1849, kampus negeri ini adalah kampus pendidikan tertua di Indonesia. Kampus ini berlokasi di Jakarta dan Depok, serta merupakan salah satu kampus yang prestisius di Indonesia.

Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1849 membangun sebuah sekolah tinggi ilmu kesehatan. Pada Januari 1851 sekolah tersebut secara resmi dinamakan sebagai Dokter-Djawa School. Sekolah tinggi ini mengkhususkan diri pada ilmu kedokteran, tepatnya pendidikan tenaga mantri.

Setelah sempat mengalami perubahan nama di akhir abad 19, tepatnya di tahun 1898, nama Dokter-Djawa School berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau dikenal juga sebagai STOVIA. Selama 75 tahun STOVIA berfungsi sebagai tempat pendidikan terbaik untuk calon dokter di Indonesia, sebelum ditutup pada 1927. Namun demikian, sebuah Sekolah Kedokteran kemudian dibangun bersama dengan empat sekolah tinggi lain di beberapa kota di Jawa.

Sekolah tinggi tersebut adalah Technische Hoogeschool te Bandoeng (Fakultas Teknik) yang berdiri di Bandung pada 1920, Recht Hoogeschool (Fakultas Hukum) di Batavia pada 1924, Faculteit der Letteren en Wijsbegeerte (Fakultas Sastra dan Kemanusiaan) di Batavia pada 1940, dan setahun kemudian dibangunlah Faculteit van Landbouwweteschap (Fakultas Pertanian) di Bogor.

Lima sekolah tinggi tersebut merupakan pilar dalam menciptakan the Nood-universiteit (Universitas Darurat), yang dibangun pada tahun 1946.

5. Keio University, Jepang – 1858.

Didirikan pada 1858, Keio University adalah institut pendidikan tinggi tertua di Jepang. Kampus ini berada di Tokyo dan Kanagawa. Kampus ini juga memiliki 10 fakultas, termasuk ekonomi, sastra, hukum, bisnis dan komersial, ilmu pengetahuan dan teknologi, kedokteran, ilmu informasi dan lingkungan, manajemen kebijakan, farmasi, serta ilmu medis dan keperawatan.

6. King Edward Medical University.

Didirikan pada 1860, kampus ini adalah sekolah medis tertua di Pakistan. Kampus ini berada di Lahore dan menyediakan tenaga medis di tujuh rumah sakit di kota itu.

7. American University of Beirut, Lebanon – 1866.

Didirikan pada 1866, kampus ini adalah kampus yang mandiri, sekuler, dan pribadi. Kampus ini berlokasi di Beirut, Lebanon. Kampus ini adalah kampus top dengan peringkat tertinggi di Lebanon.

8. University of Tokyo, Jepang – 1877.

Didirikan pada 1877, kampus ini adalah universitas penelitian. Kampus ini memiliki 10 fakultas dan lebih dari 30 ribu pelajar.

9. University of Yangoon, Myanmar – 1878.

Kampus University of Yangoon ini berlokasi di Yangon, Myanmar. Kampus tertua ini diperuntukan untuk masyarakat umum ini ditemukan pada 1878.

10. Tianjin University (Imperial Tientsin University), Cina – 1895.

Foto Tianjin University
Foto Tianjin University

Didirikan pada 2 Oktober 1895, kampus ini adalah kampus nasional di bawah kontrol langsung dari Menteri Pendidikan Cina.

terima kasih sudah membaca “Inilah Daftar 10 Universitas Tertua di Benua Asia” jika bermanfaat silahkan di bagikan ke teman terdekat anda

sumber : Republika

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.