Inilah Daftar 5 Provinsi Dengan Nilai UMP Tertinggi di Indonesia

0

INITU.ID – Perlu pembaca ketahui bahwa Upah Minimum Regional (UMR) masing masing daerah berbeda beda, bisa jadi bahan pertimbangan sebelum menentukan lokasi mencari pekerjaan bagi pembaca sekalian

UMR merupakan standar upah minimum pekerja yang berlaku di tingkat I atau wilayah, termasuk kabupaten/kota di dalamnya. Namun, istilah ini sudah tidak digunakan lagi.

Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 226 tahun 2000, istilah UMR tingkat I diganti dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan UMR tingkat II diganti dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

BACA JUGA: Tes Kepribadian Psikologis, Cara Mengetahui Karakter Dengan Melihat Cara Duduk

Menurut PP Nomor 36 tahun 2021, besaran UMP ditetapkan oleh gubernur setiap tahunnya. Sementara itu, besaran UMK ditetapkan oleh gubernur dengan rekomendasi dari bupati atau wali kota. Besaran UMK pun harus lebih besar dari UMP.

Penyesuaian nilai upah minimum, baik UMP maupun UMK, tergantung dari kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan, seperti paritas daya beli, tingkat penyerapan tenaga kerja, dan median upah. Penyesuaian nilai UMP yang sudah ditetapkan gubernur mulai berlaku mulai tanggal 1 Januari tiap tahunnya.

Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (25/10/2022), berikut merupakan 5 daerah dengan UMP tertinggi di Indonesia pada tahun 2022, yaitu:

  1. DKI Jakarta – Rp 4.573.845 (setelah adanya putusan PTUN Jakarta)
  2. Papua – Rp 3.561.932
  3. Sulawesi Utara – Rp 3.394.495
  4. Bangka belitung – Rp 3.264.884
  5. Papua Barat – Rp 3.200.000

Demikian informasi mengenai 5 daerah dengan gaji UMP tertinggi di Indonesia, semoga bermanfaat bagi pembaca setia INITU diamanapun berada.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.