Bacaan Semua Kalangan

Peran Kampus Dalam Mengurangi Pengangguran dan Komunikasi Alumninya

0

Bagi pembaca yang pernah kuliah tentu pernah memiliki idealisme dan merasakan bagaimana mencari pekerjaan yang sesuai dengan harapanya seperti awal masuk kampus dulu.

Namun realitanya adalah tidak semudah membalikan tangan, bahkan ada yang harus melepas idealisme untuk mendapatkan penghasilan. Semakin kesini tentu jumlah akan semakin besar tahun 2019 tercatat ada 737.000 orang pengangguran yang berasal dari kampus.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), per Agustus 2019, jumlah pengangguran lulusan universitas mencapai 5,67 persen dari total angkatan kerja sekitar 13 juta orang.

Kontribusi Kampus

Dengan semakin berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi serta isu dunia yang dinamis tentu peran dan kontribusi kampus tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Apakah kontribusi kampus hanya menghasilkan alumni ? berapa alumni yang berhasil berkontribusi terhadap teman temannya ?

Pertanyaan diatas tentu berbeda antar kampus ada yang berhasil dan juga yang jauh panggang dari pada api.

upgrade ilmu pengetahuan tentu menjadi sangat penting, tidak harus dari literatur yang ada tetapi juga bisa melibatkan mahasiswa dan alumninya atau pihak lain seperti konsep kampus merdeka.

Kampus dan Koperasi

Ada sebuah kampus swasta di daerah Jawa Timur yang memberlakukan alumni masih sama dengan saat menjadi mahasiswa, disuruh iuran rutin. Tentu dengan cara dan konsisi yang berbeda.

Dengan bungkus mengikuti koperasi alumni, yang tidak mengikuti koperasi otomatis terputus informasinya. Sedih sekali rasanya sebagai mahasiswa yang tidak mampu membeyar iuran. Walauppun mungkin iuran itu sangat kecil bagi para dosen.

Alumni disini tentu tidak hanya yang sukses tetapi tidak sedikit mereka yang masih membutuhkan informasi dan dukungan.

Beberapa saran kampus agar memiliki integritas yang baik, bisa memberlakukan semua stakeholder secara baik. Baik dosen, mahasiswa ataupun alumni dan elemen lainnya seperti karyawan atau pihak ketiga.

  • akses yang sama kepada mahasiswa atau alumni untuk update ilmunya.
  • Berikan akses informasi data dan perusahaan bagi yang belum mendapatkan
  • Berikan akses informasi yang adil dan merdeka

Mungkin apabila kaidah yang dipakai universitas ataua kampus adalah “mahasiswa masuk atau keluar bukan urusan kampus, terserah saja.” Tulisan diatas tidak perlu dibaca ya…

Memberlakukan mahasiswa atau alumnis secara berbeda dengan pertimbangan sudah membayar atau belum adalah sebuah kejahatan akademik yang harus dihapuskan.

Suatu saat semoga tulisan ini dibaca oleh dosen atau kampus yang dimaksud. Terima kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.