Kapan Puasa Arafah 2018 / 1439H? Hikmah dan Keutamaannya

Kapan Puasa Arafah 2018 / 1439H? Hikmah Dalil dan Keutamaannya

0

Puasa Arafah merupakan salah satu amalan puasa sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah) bagi kaum muslimin yang tidak sedang berhaji. Banyak hikmah dan keutamaannya yang menjelaskan. Untuk artikel lengkap terkait waktu, dalil Puasa Arafah bisa langsung kunjungi Puasa Arafah

Kapan pelaksanaan puasa Arafah tahun 2018 atau 1439 H?.

Berdasarkan kalender hijriah maka sudah dipastikan pelaksanaannya adalah pada 9 Dzulhijah 1439 H yang jatuh pada hari Selasa, 21 Agustus 2018. Bagi umat Islam bisa mempersiapkan sejak dini, baik untuk melaksanakan puasa arafah maupun ibadah lain di bulan ini, seperti menyembelih hewan qurban.

Hikmah dan Keutamaan Puasa Arafah.

Pertama, puasa Arafah dapat meraih syafaat Rasulullah karena puasa Arafah adalah puasa kesukaan Rasulullah, “Tiada dari hari dalam setahun aku berpuasa lebih aku sukai daripada hari Arafah” (HR Baihaqi).

Kedua, sebagai penghapus dosa setahun yang lalu bahkan sesudahnya, “Saya berharap kepada Allah agar dihapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya” (HR Muslim).

Ketiga, saat berpuasa doa sangat mustajab, “Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arofah…”(HR At Tirmidzi).

Keempat, Insya Allah dg taubat sungguh-sungguh dan puasa Arafah, Allah bebaskan dari Neraka, “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari Neraka adalah hari Arofah (HR Muslim).

“Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dg puasanya itu dari api Neraka selama tujuh puluh tahun” (HR Bukhari Muslim).

 

 

Demikian sedikit ulasan “Kapan Puasa Arafah 2018 / 1439H? Hikmah dan Keutamaannya“, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.