Kultum Ramadhan 2024, Adab Mendengarkan Bacaan Al Quran

0

INITU.ID – Kuliah tujuh menit atau sering disingkat dengan Kultum Ramadhan adalah salah satu pesan singkat yang disampaikan para Dai atau penceramah di bulan Ramadhan sebagai pengingat. Biasanya Kultum Ramadhan 2024 ini disampaikan saat shalat taraweh atau waktu tertentu.

Pada Kultum Ramadhan 2024 kali ini, initu akan kembali mengangkat tema atau materi tentang adab mendengarkan bacaan Al Quran.

Bulan Ramadhan merupakan syahrul Quran, bulan turunya Al Quran. Tentunya kita diutamakan berinteraksi dengan Al Quran, antara lain mendengarkan, membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Quran. oleh karena itu kita angkat sebagai materi Kultum Ramadhan 2024.

Berikut kita akan bahas dalam Kultum Ramadhan 2024 tentang adab mendegarkan bacaan Al Quran. Berikut penjelasannya :

Rasulullah termasuk orang yang menyukai mendengarkan Al Quran, dikisahkan dalam sebuah hadist dari Abdullah ibnu Mas’ud r.a. menceritakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda kepadanya:

‘Bacakanlah Al Quran untukku’ Aku menjawab, ‘Wahai rasulullah, apakah aku membacakan Al quran untukmu. padahal Al quran diturunkan kepadamu? Rasulullah saw menjawab, ‘Ya, sesunguhnya aku suka bila mendengarkan nya dari orang lain.’ (Bukhari)

Keutamaan mendengarkan Al Quran

  1. Mendatangkan ramat Allah swt, sebagaimana firmanNya

وَاِذَا قُرِئَ الۡقُرۡاٰنُ فَاسۡتَمِعُوۡا لَهٗ وَاَنۡصِتُوۡا لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ‏

Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.

2. Mendapatkan pahala berlipat

3. Menambah keimanan kepada Allah swt, sebagai firman Nya dalam Al Quran Surat Al Anfal ayat 2

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَاِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَۙ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal,

Adab mendengarkan Al Quran

  1. Menyimak dan memperhatikan bacaan Al quran
  2. Mentadaburi dan mengambil pelajaran dari makna makna ayat yang didengarkan
  3. Takut ketika ayat-ayat yang berisi tentang peringatan dan teguran Allah swt dibacakan
  4. Bergembira ketika mendengarkan ayat-ayat tentang kasih sayang Allah swt dan nikmat Nya
  5. Melakukan sujud tilawah ketika membaca atau mendengar ayat ayat sajadah

Semoga di bulan suci Ramadhan kali ini kita bisa memanfaatkan sebaik baiknya untuk bisa berinteraksi dengan Al Quran. Sebagai salah satu pedoman Umat Islam agar tidak tersesat dan mendapatkan petunjuk didalamnya.

Dan bagi yang masih terbata bata dalam membaca akan mendapatkan dua kali pahala sementara yang sudah lancar justru mendapkan satu pahala. Ini kita bisa mengambil pelajaran bahwasanya Allah menilai dari proses belajar dan kesungguhan dari kita semuanya.

Demikian penjelasan singkat ‘Kultum Ramadhan 2024, Adab Mendengarkan Bacaan Al Quran,’ semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.