Kumpulan Materi Kursus Bahasa Inggris Basic Sampai Intermediate

Sebelum menguasai ilmu pengetahuan, menguasai bahasa asing menjadi sangat penting saat ini. terutama Bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan internasional.

Berikut beberapa rangkuman materi kursus Bahasa Inggris mulai dari basic hingga intermediate sebagai bahan belajara dan referensi bagi pembaca yang setia mengunjungi initu.id

1. Vocabulary

Materi dasar pertama dalam belajar bahasa Inggris adalah belajar vocabulary atau kosakata. Dengan menguasai vocabulary secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan bahasa inggris.

Menambah kosakata atau vocabulary maka kita harus menghafalkan dan sekaligus memahami. Tentunya dimulai dari hal sederhana terlebih dahulu. Mulai dari mengenal nomor, huruf, nama hari, bulan, kemudian berlanjut ke kegiatan sehari-hari.

2. Grammar

Materi selanjutnya yang akan kita pelajari adalah mengenai grammar. Jangan langsung membayangkan suatu materi yang rumit. Grammar dalam bahasa Indonesia mirip dengan SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Keterangan).

Grammar adalah peraturan tentang struktur kata untuk membentuk kalimat sempurna agar jelas dan mudah difahami.

Beberapa bagian dari grammar antara lain sebagai berikut :

  • Pronoun (Kata ganti)
  • Noun (Kata benda)
  • Verb (Kata kerja)
  • Adjective(Kata sifat)
  • Adverb (Kata keterangan)
  • Determiner
  • Preposition (Kata depan)
  • Conjunction (Kata hubung)

> Kata ganti (pronoun)

Pronoun atau kata ganti merupakan sebuah kata yang di gunakan untuk menggantikan kata benda (noun) baik berupa nama orang, hewan, benda, atau pun tempat. Contohnya adalah she, he untuk kata ganti yang menyatakan dia perempuan atau laki-laki. Kemudian it, that, this yang digunakan sebagai kata ganti hewan, benda dan juga tempat.

> Kata kerja bantu (to be)

Tobe adalah kata bantu kerja yang terdiri dari is, am, are yang masing-masingnya memiliki pasangan dengan suatu subjek yaitu I, you, we, they, she, he, it. Sebagai pemula yang pasti mencoba untuk merangkai kalimat kata bantu ini sangat penting untuk kamu pahami. Tobe untuk I adalah am, selanjutnya (you, we, they) menggunakan to be are, dan (she, he, it) menggunakan tobe is.

> Tenses

Beralih ke materi tenses, ada 16 tenses yang perlu kamu kuasai untuk bisa benar-benar mahir berbahasa inggris. Tetapi sebagai pemula ada 3 tenses yang paling wajib kamu pahami dan kuasai yaitu:

  • Simple present tense

Kamu wajib memahami simple present tense karena merupakan bentuk bahasa inggris paling dasar. Jika dijabarkan dalam rumus simpel present tense memiliki bentuk seperti ini: Subject + Verb1Kalimat yang dihasilkan adalah kalimat yang paling sederhana tetapi sangat umum dan banyak sekali digunakan.

  • Present continuous tense

Fungsi dari present continuous tense adalah membentuk kalimat bahasa inggris yang menyatakan kejadian sedang berlangsung. Penjabaran dalam bentuk rumusnya adalah Subject + To be + Verb1-Ing. Menguasai present continuous akan sangat membantu dalam berlatih ketika melakukan percakapan sehari-hari.

  • Simple past tense

Memiliki fungsi untuk menyatakan kegiatan lampau atau telah berlangsung simple past tense wajib juga untuk kamu kuasai. Bentuk dari simpel past tense ialah Subject + Verb2.

Bagaimana guys?. Sudah siap untuk mempelajari dan menguasai materi dasar bahasa inggris  tersebut?. Tentunya kamu pun harus mengimbangi nya dengan melakukan latihan. Untuk membiasakan diri dengan materi-materi tersebut kamu bisa melakukan latihan mulai dari mendengarkan (listening), kemudian menerjemahkan (translating), membaca (reading), dan juga berbicara (speaking).

3. Materi Pronunciation

Pronunciation atau pengucapan tidak boleh diabaikan ketika sedang belajar bahasa Inggris.  Kesalahan pengucapan harus dihindari untuk meningkatkan keterampilan pengucapan kata secara keseluruhan.

Pengucapan adalah bagian dari berbicara. Dalam belajar cara pengucapan dalam bahasa Inggris, juga diperlukan Listening Skills atau kemampuan pendengaran kita terhadap kosa kata.

Dalam bahasa Inggris sendiri mempunyai sistem bunyi vokal, diftong, konsonan, dan kluster. Untuk huruf vokal sendiri, berbeda dengan di Indonesia yang hanya ada /a/-/i/-/u/-/e/-/o/. Sebab dalam bahasa Inggris huruf vokalnya terdiri dari /æ/-/e/-/ǝ/-/ɔ:/-/ɑ:/-/ɒ/-/ɜ:/-/i:/-/ʊ/-/u:/-/Ʌ/-/I/.

Bahasa Inggris sendiri juga bisa dikatakan sebagai bahasa munafik, karena penulisan dan pengucapannya berbeda. Kadang ada saja orang yang dalam penulisan bagus, tetapi tidak ahli dalam hal speaking. Untuk itulah, sangat perlu belajar pengucapan karena dapat mempengaruhi penilaian seseorang terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris kita.

4. Materi  Listening

Listening atau mendengarkan dan menyimak adalah hal yang sangat penting. Mendengarkan dan menyimak dalam bahasa Inggris ini adalah bagian dari tiga aspek penting lainnya, seperti, speaking (berbicara), reading (membaca) dan juga menulis (writing).

5. Materi Speaking

Speaking atau keterampilan berbicara merupakan materi yang sangat penting untuk dipelajari oleh tipa individu karena hal itu berguna dalam melakukan interaksi serta komunikasi dengan orang-orang dalam kancah internasional. Jika bisa menguasainya secara lancar, maka kepercayaan diri pun meningkat.

Adapun, jika Anda mengambil kursus speaking di visitpare.com, maka jenis-jenis materi speaking yang akan didapatkan yakni:

  • Speaking1 yang berisi materi mengenai interaksi dasar sehari-hari seperti halnya menanyakan jam, greetingasking and giving permission, perkenalan dan dialog singkat bersama teman.
  • Speaking2 yang berisi materi mengenai cara menawarkan bantuan dan memintanya kepada orang lain, menanyakan harga serta masih banyak lagi.
  • Speaking for daily interactionyang berisi materi mengenai interaksi sehari-hari dengan tetangga, teman sebaya, orang tua serta guru.
  • Speaking for bussiness interactionakan berisi materi mengenai interaksi dalam pekerjaan, tawar-menawar serta ketika Anda sedang ada keperluan di tempat umum. Hal ini sifatnya lebih formal.

Di samping materi yang telah disebutkan itu, dalam pembelajaran speaking siswa juga dibekali susunan tata bahasa Inggris dengan benar dan jelas. Mereka pun selalu dilatih agar percaya diri dan mampu berbicara tanpa rasa malu di depan banyak orang.

Demikian sedikit ringkasan “Kumpulan Materi Kursus Bahasa Inggris Basic Sampai Intermediate”, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.