Makanan Khas Banyuwangi Jatim Lengkapi Cerita Traveller

Makanan Khas Banyuwangi Jatim Lengkapi Cerita Traveller

Wisatawan baik mancanegara, lokal maupun traveler sejati selain menikmati indahnya suasana wisata alam, budaya, edukasi, dan wisata religi. Tentu tidak akan melewatkan begitu saja wisata kuliner yang ada di suatu daerah.

 

Berikut beberapa ringkasan makanan khas Banyuwangi yang bisa anda coba, baik ketika berkunjung di kota yang mendapat julukan “sunrise of java” maupun ketika anda menemukan depot rasa Banyuwangi.

  1. Rujak Soto

Penggabungan unsur rasa menjadi satu citarasa baru. Ada kenikmatan ganda setiap kali menyantapnya. satu unsur sajian akan mengantarkan penyantapan pada dimensi kelezatan soto. Memiliki kuah kental dan rasa yang kuat hasil paduan racikan bawang putih,jeruk,serai dan jahe. Siraman rasa gurih dan sedap dari kuah kental bersaput lapisan tipis lemak yang bercampur tetelan/ potongan daging sapi di bagian akhir sajian ini. Kuah tak hanya menambah rasa, tapi juga menyelimuti bumbu-bumbu dan melumerkan semua unsur-unsurnya.

Karakter Rujak yang tidak hilang
sementara itu, Rujak memberi dimensi yang berbeda : rasa buah yang segar, bumbu kacang yang lekat dan tegas bercampur petis, dan rasa pedas yang perlahan muncul kemudian kentara. Rujak member sensai rasa segar-pedas sedangkan soto kental dengan rasa gurih dan sedap. taburan bawang goreng dan daun seledri semakin menguatkan rasa keduanya.

Lokasi Favorit
Warung Mbok Ijah : Jalan Borobudur (samping Kantor Pemkab Banyuwangi) Pondok Rujak Soto : Jl. Basuki Rachmat, Kecamatan Banyuwangi Rujak Soto Mbok Bret : Jl. Raya Jember no 72, Benculuk, cluring, Banyuwangi Rujak Soto Mbok Sun : Jl. Ikan Sepat, Karangrejo, Banyuwangi. Rujak Soto Ibu Sum : Jl. Letjen DI Pandjaitan, Kampung Mandar, Banyuwangi. Warung Losari : Losari ( Belakang Masjid Agung Baiturrahman)

2. Sego Tempong

Makanan Khas Banyuwangi Sego Tempong
Sego Tempong cocok bagi mereka penggemar pedas. Sego adalah sebutan nasi dalam bahasa Jawa. Adapun ”tempong” dalam bahasa setempat berarti tamparan. Nama ini lahir karena saat menikmati makanan ini, Anda akan serasa ditampar karena saking pedasnya. Makanan ini tersebar di banyak rumah makan di Banyuwangi.

Komposisi Sego Tempong
Sambal yang disajikan di Sego Tempong memang khas, terdiri atas cabai, tomat, terasi yang dibakar, garam, dan gula. Lauknya adalah tempe, tahu, dan jagung.

Penyajian Sego Tempong
Penyajiannya dilengkapi dengan beragam sayuran, seperti timun, terong, dan bayam. Satu lagi yang harus ada dalam sajian Sego Tempong adalah ikan asinnya.

3. Nasi Cawuk

Makanan Khas Banyuwangi Nasi Cawuk

 

Nasi Cawuk adalah nasi yang diberi campuran kuah khas yang dibuat dari parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar, timun, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Tak lupa adasedikit asam yang membuat Nasi Cawuk terasa pedas menyegarkan.

Dalam penyajiannya, Nasi Cawuk disiram dengan kuah pindang yang dimasak dengan cara ”gendam” menggunakan gula pasir. Inilah cara memasak unik yang hanya ada di Banyuwangi.

Hasil masak ini menghasilkan kuah pindang yang bening dan manis. Anda bisa meminta lauk tambahan seperti pepes ikan laut, kikil, dendeng, atau telur.

 

Terima kasih sudah membaca “Makanan Khas Banyuwangi Jatim Lengkapi Cerita Traveller ” semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.