Manfaat Makan Kurma Muda Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Kurma Muda atau sering disebut Ruthob, diyakini memiliki banyak manfaatnya terutama ibu hamil atau yang menginginkan keturunan. Bagaimana sebenarnya ?

Sebagian besar masyarakat Indonesia selalu menganggap kalau kurma muda sama dengan ruthob. Padahal kurma muda adalah kurma yang masih memiliki warna kuning, merah, atau hijau. Kurma ini berusia 120 hari sejak terjadi pembuahan pada bunganya.

Ruthob adalah sebutan kurma segar yang sudah matang. Kurma jenis ini empuk dan tidak menimbulkan bunyi kres saat digigit. Kurma muda biasanya masih memiliki rasa sepat meski ada rasa manis yang tidak terlalu banyak.

Di Indonesia sendiri kurma yang sering dianggap kurma muda adalah jenis busr dengan usia 120 hari. Namun, pada siklus pertumbuhan buah kurma, kurma muda adalah buah dengan usia 105 hari.

Berikut beberapa kandungan Kurma muda

Mengandung banyak serat. Dalam 100 gram kurma muda, terdapat 6,7 gram serat. Jumlah ini melebihi kebutuhan serat harian sebesar 25%.

Mengandung banyak mineral. Selain kandungan mineralnya banyak, kurma muda juga mengandung mangan, magnesium, dan potasium. Sehingga bisa menambah energi dan menjaga kesehatan tulang.

Mengandung lebih banyak cairan daripada kurma kering. Kurma yang masih muda bisa menjaga Anda dari dehidrasi terutama dalam cuaca panas.

Rendah gula. Penyakit diabetes adalah salah satu penghambat dalam peluang kehamilan. Oleh sebab itu konsumsi makanan rendah gula bisa meningkatkan peluang kehamilan. Kurma muda yang rendah kandungan gulanya bisa jadi pilihan cemilan sehat untuk Anda yang sedang promil.

Manfaat Kurma Muda

  1. Pemberi Energi Instan
    Kurma muda memiliki kandungan gula fruktosa yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh sehingga mampu memberikan energi dan merevitalisasi tubuh secara instan. Tak heran, bila kurma muda begitu dianjurkan untuk dikonsumsi pertama kali ketika berbuka puasa dan kapan pun tubuh kekurangan energi.
  2. Menjaga Kesehatan Mata
    Manfaat kurma muda selanjutnya terkait erat dengan kandungan vitamin A dan senyawa zeaxanthin didalamnya yang menawarkan perlindungan terhadap degenerasi makula terkait usia. Dengan demikian, kesehatan mata senantiasa terjaga tanpa perlu khawatir akan usia yang semakin menua andai konsumsi kurma muda dilakukan rutin sedari dini.
  3. Kaya akan Zat Besi
    Kurma muda merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Dalam 100 gramnya terkandung 0,90 mg zat besi atau sekitar 11% dari kebutuhan zat besi yang disarankan. Zat besi sendiri memiliki beragam manfaat bagi tubuh, diantaranya berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, mampu menjaga kesehatan otot juga otak dan beragam fungsi penting lainnya. Baca juga : Fungsi dan Manfaat Zat Besi yang Paling Utama Bagi Tubuh
  4. Membantu Mencegah Stroke dan Jantung Koroner
    Kurma muda mampu menawarkan perlindungan terhadap penyakit stroke dan jantung koroner. Hal ini dilatarbelakangi oleh kandungan mineral kalium didalamnya yang mampu membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung agar tetap stabil.
  5. Baik untuk Ibu Hamil
    Manfaat kurma muda bagi ibu hamil terbilang luar biasa. Betapa tidak, di dalam kurma muda terkandung hormon yang menyerupai hormon oksitosin yang diketahui dapat membantu mempercepat proses kelahiran dan mencegah terjadinya perdarahan hebat saat melahirkan. Bahkan kandungan fitoestrogen dalam kurma muda pun memiliki aktivitas estrogenik yang memiliki struktur serupa dengan estrogen alami wanita sehingga dipercaya mampu meningkatkan kesuburan. Untuk pasangan yang telah lama menantikan kehadiran buah hati, tak ada salahnya untuk mengonsumsi secara rutin buah yang satu ini.
  6. Membantu Proses Metabolisme Tubuh yang Optimal
    Kurma muda juga merupakan sumber moderat dari beberapa kelompok vitamin B-kompleks, seperti pridoksin, niasin, asam pantotenat dan riboflavin yang bertindak sebagai c0-factor dalam proses metabolisme karbohidrat, protein juga lemak di dalam tubuh.
  7. Kaya akan Antioksidan
    Siapa sangka, di dalam kurma muda ternyata terkandung berbagai senyawa antioksidan seperti, beta karoten, lutein dan zeaxanthin yang memiliki andil besar dalam memproteksi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Dengan begitu, risiko timbulnya kanker dan berbagai penyakit serius lainnya pun dapat diminimalisir. Begitu menakjubkan bukan manfaat dari kurma muda ini. Lantas tunggu apa lagi, lengkapi menu makanan sehari-hari dengan menghadirkan kurma muda didalamnya. Tak perlu cemas dengan harganya yang relatif tinggi, lihatlah lebih jauh akan manfaat yang ditawarkannya bagi kesehatan tubuh.

dDikian sedikit ulasan kami tentang “Manfaat Makan Kurma Muda Bagi Kesehatan Tubuh Manusia,” semoga bermanfaat bagi pembaca

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.