Mengenal Antropometri Sebelum Mendesain Produk, Agar Pengguna Nyaman dan Sehat

0
  • Pekerjaan, aktivitas sehari-hari

Jenis pekerjaan mewajibkan adanya persyaratan dalam menyeleksi dimensi tubuh manusia seperti tinggi, berat badan, lingkar perut, dan lain-lain. Seperti untuk buruh dermaga atau pelabuhan harus mempunyai postur tubuh yang relatif besar dibandingkan dengan pegawai kantoran atau mahasiswa.

  • Postur dan Posisi Tubuh

Ukuran tubuh akan berbeda dipengaruhi oleh posisi tubuh pada saat akan melakukan aktivitas tertentu yaitu structural dan functional body dimensions. Posisi standar tubuh pada saat melakukan gerakan-gerakan dinamis dimana gerakan tersebut harus dijadikan dasar pertimbangan pada saat data antropometri diimplementasika

  • Faktor Kehamilan Pada Wanita

Faktor kehamilan pada wanita menjadi faktor penting yang mempengaruhi variabilitas data antropometri yaitu terutama pada tebal perut dan tebal dada. Sehingga, data antropometri yang digunakan dalam merancang produk dan stasiun kerja untuk wanita hamil berbeda dengan data antropometri wanita lainnya.   

Beberapa fasilitas umum yang berkaitan dengan ibu hamil harus sangat memperhatikan hal ini, seperti di ruang tunggu, alat transportasi maupun lokasi lainnya.

  • Disabilitas

Disabilitas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi variabilitas data antropometri, terutama disabilitas fisik. Seperti keterbatasan fisik tidak mempunyai lengan atau anggota tubuh yang lainnya.

Untuk dimensi tinggi siku, tinggi pinggul, tinggi tulang ruas, tinggi ujung jari, dan lain-lain sangatlah berbeda antara orang normal dengan orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Sehingga, data antropometri yang digunakan dalam merancang produk dan stasiun kerja untuk orang yang cacat tubuh secara fisik berbeda dengan kondisi manusia normal.

Demikian sedikit ulasan “Mengenal Antropometri Sebelum Mendesain Produk, Agar Pengguna Nyaman dan Sehat,” semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.