Mengenal Fase-Fase Perkembangan Anak, Mulai FaseOral Hingga Genital

Usia dini anak kisaran (0-7 tahun) merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat menentukan bagi anak dimasa depannya atau biasa disebut dengan istilah golden age.

Disamping itu masa ini juga periode yang sangat kritis untuk menentukan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.

Baca juga “Mengenal Golden Age Dan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).”

Berikut beberapa fase-fase perkembangan kepribadian untuk membentuk karakter anak :

  • Fase oral (usia 0 sampai kira kira usia 1,5 tahun) pada fase ini sumber utama bai berinteraksi menggunakan mulut, refleks menghisap sangat penting, bayi mengembangkan rasa kepercayaan dan kenyamanan melalui stimulasi oral.
  • Fase anal ( kira-kira usia 1,5 tahun sampai 3 tahun); pada fase ini fokus utama ada pada pengendalian kandung kemih dan buang air besar, anak harus belajar mengendalikan kebutuhan tubuhnya
  • Fase falis ( kira-kira anak usia 3 tahun sampai 6 tahun); pada fase ini fokus utama adalah menemukan perbedaan antara pria dan wanita
  • Fase laten (kira-kira usia 6 tahun sampai pubertas); pada fase ini saat explorasi diman aenergi s3-xu4l tetap ada , tetapi diarahkan kedaerah lain seperti pengejaran intelektual dan interaksi sosial, tahapan ini sangat penting dalam pengembangan ketrampilan sosial dan komunikasi kepercayaan diri.
  • Fase genital (genital stage); pada fase ini terjadi sejak individu memasuki pubertas dan selanjutnya, mengembangkan minat s3-xu4l yang kuat pada lawan jenis, kepentingan kesejahteraan orang lain tumbuh selama tahap ini (Syaodih,2014).

Demikian sedikit ulasan “Mengenal Fase-Fase Perkembangan Anak, Mulai FaseOral Hingga Genital,” yang kami kutip dari buku Golden Age karangan Miftahul Achyar Kertamuda terbitan Elex Media. Semoga bermanfaat dan sedikit menginspirasi untuk membaca buku lebih dalam,

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.