Netizen 4.0 Zaman Now

Netizen 4.0 Zaman Now

Netizen 4.0 Zaman Now

Mengutip sebuah buku yang berjudul Citizen 4.0 karya Hermawan Kertajaya membagi manusia menjadi 4 bagian kehidupan yaitu fundamental life stage, forefront life stage, foster life stage, dan final life stage. Yang masing masing tahapan berdurasi 20 tahun.

Saya selaku pegiat social media tergerak untuk menuliskan buku Netizen 4.0 Zaman Now. Saat ini berkembang sebuah teori yang menggolongkan manusia berdasarkan tahun kelahiran. Ada generasi booby boomer, generasi x, generasi y, dan generasi z. Seperti saya merupakan generasi y atau biasa populer dengan sebutan millenial akhir.

  1. Netizen 4.0 Zaman Now Netizen Active Positif

Pengguna internet dengan sebutan aktif positif, memposisikan internet sebagai saran mengaktualisasikan kemampuan positifnya kepada orang lain. Menjadi influenser kebaikan, menyebar konten positif kepada khalayak.

 

  1. Netizen Pasif Positiv

Kecenderungan untuk tidak menggunakan social media sebagai ajang exist diri, namun secara positif menikmati konten dan berkontribusi di dalamnya. Tidak menggunakan internet sebagai aku, tetapi berperan sebagai kita atau kami.

  1. Netizen Aktif Negatif 

Kebiasaan negatif, apapun bentuk kejahatannya sangat berpotensi berkembang di dalam dunia digital. Mereka secara aktif membuat gerakan kebencian, merusak tatanan internet, dan

sepwrti hacker, cracker, ….. secara struktur bahkan membuat kerusakan sebagai targetnya.

  1. Netizen Pasif Negatif 

Walau secara gerakan tidak terlibat didalamnya, mereka cenderung mendukung bahkan merasa senang dengan kerusakan yang terjadi. Semoga kita bisa terhindar dari perbuatan dan niat yang tidak baik.

 

Netizen Citizen 4.0 Zaman NowTulisan diatasa merupakan sebuah opini dan masih bersambung…..semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.