Bacaan Semua Kalangan

Pengertian, Jenis dan Contoh Kegiatan Ekonomi

0

Kegiatan ekonomi memiliki pengertian sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, Umumnya kegiatan ekonomi terdiri dari kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi.

Dalam tulisan dibawah akan kita bahas sedikit ulasan Pengertian, Jenis dan Contoh Kegiatan Ekonomi. Jenis kegiatan ekonomi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat antara lain adalah :

1. Agraris

Agraris adalah kegiatan megolah tanah yang bertujuan untuk menghasilkan barang. Macam-macam kegiatan agraris antara lain :

Pertanian

Pertanian adalah kegiatan bercocok tanam. Bertujuan menghasilkan bahan pangan. Usaha pemerintah dalam hal ini untuk meningkatkan hasi l pertanian antara lain :

  • Intensifikasi
  • Ekstensifikasi
  • Diversifikasi
  • Rehabilitasi
  • Mekanisasi

Perkebunan

Perkebunan di Indonesia diusahakan oleh perorangan dan pemerintah. Hasil perkebunan di Indonesia berupa kopi, teh, kelapa sawit, karet, kopra dan lain-lain.

Perikanan

Ada dua jenis perikanan yaitu perikanan darat dan perikanan pantai. Perikanan darat seperti sungai, danau, kolam dan empang. Budidaya ikan seperti ikan mas, gurami, mujair, tawas, lele dan lain-lain.

Perikanan pantai yaitu usaha perikanan yang dilakukan di laut. Jenis ikannya seperti tongko, tuna, bawal, kembung, teri dan lain-lain.

Peternakan

Pertenakan adalah pembudidayaan hewan ternak. Peternakan mempunyai peranan penting dalammeningkatkan kesejahteraan rakyat. Jenis hewan ternak di Indonesia antara lain sapi, kerbau, kambing, ayam, burung dan sebagainya.

Kehutanan

Jenis hutan di Indonesia adalah hutan tropis. Hutan menghasilkan sumber daya alam, antara lain kayu, rotan,damar, getah perca dan getah agatis.

2. Perdagangan

Perdagangan adalah kegiatan membeli barang dan menjualnya kembali tanpa proses pengolahan.

3. Perindustrian

Industri adalah pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi. Sebagai contoh pabrik sepatu, pabrik semen, pabrik kertas, produk makanan kaleng, pabrik cat.

Industri-industri yang ada di Indonesia

  • Alat-alat berat terdapat di Surabaya Jawa Timur.
  • Gas alam terdapat di Kalimantan Selatan.
  • Kapal terdapat di Semarang, Jawa Tengah.
  • Karet terdapat di Jambi, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat
  • Kereta api terdapat di Madiun Jawa Timur
  • Pemintalan benang terdapat di Jawa Barat (Patal Bandung)
  • Industri Pesawat Terbang Nusanara (IPTN) terdapat di Bandung.

4. Pertambangan

Kegiatan pertambangan adalah kegiatan pengambilan sumber daya alam dari dalam bumi. Jenis barang tambang yang terdapat di Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, emas perak, bauksit, bijih besi dan sebagainya

5. Jasa

Jasa adalah usaha yang tidak menghasilkan barang, tetapi berbentuk berupa pelayanan. Misalnya dokter memeriksa pasiennya atau guru mengajar dan mendidik para siswa.

Demikian sedikit ulasan “Pengertian, Jenis dan Contoh Kegiatan Ekonomi,” semoga bermanfaat.

Baca juga website kami Tips Online

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.