Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya

Pengertian, Jenis, Teori, Contoh Pangsa Pasar dan Strategi Mempertahankannya

0

INITU.ID – Berikut kita sampaikan pengertian, jenis, teori, contoh pangsa pasar dan strategi mempertahankannya.

Memahami pengertian, jenis, teori, contoh pangsa pasar dan strategi mempertahankannya, sangat diperlukan sebagai bahan pijakan melangkah kedepan.

Pangsa Pasar adalah strategi pemasaran yang melibatkan membagi target market yang luas ke dalam himpunan bagian dari konsumen, bisnis, atau negara-negara yang memiliki, atau yang dianggap memiliki, kebutuhan umum, kepentingan, dan prioritas, dan kemudian merancang dan menerapkan strategi untuk menargetkan mereka.

Baca juga: Macam-Macam Bentuk Karangan Beserta Contoh Dan Langkahnya

Strategi segmentasi pasar biasanya digunakan untuk mengidentifikasi dan selanjutnya menentukan target pelanggan, dan memberikan data pendukung untuk elemen rencana pemasaran seperti posisi untuk mencapai tujuan rencana pemasaran tertentu.

Bisnis dapat mengembangkan strategi diferensiasi produk, atau pendekatan dibedakan, yang melibatkan produk tertentu atau lini produk tergantung pada permintaan spesifik dan atribut dari target segmen.

Ada juga yang mengartikan secara simple pangsa pasar (market share) yaitu persentase total penjualan suatu perusahaan (dari semua sumber) dengan total penjualan jasa atau produk dalam industri.

Jenis Pangsa Pasar :

Berikut ini adalah bentuk yang paling umum dari praktek segmentasi pasar.

Segmentasi geografis

Pemasar bisa segmen sesuai dengan kriteria-negara geografis, negara, daerah, negara, kota, lingkungan, atau kode pos. Pendekatan geo-klaster menggabungkan data demografi dengan data geografis untuk membuat profil yang lebih akurat atau tertentu .

Sehubungan dengan wilayah, di daerah hujan pedagang dapat menjual hal-hal seperti jas hujan, payung dan gumboots.

Di daerah panas, satu dapat menjual pakaian musim panas. Sebuah toko komoditas usaha kecil mungkin hanya menargetkan pelanggan dari lingkungan lokal,

Artikel Terbaru

sementara department store besar dapat menargetkan pemasaran terhadap beberapa lingkungan di kota besar atau daerah, sementara mengabaikan pelanggan di benua lain. Segmentasi geografis yang penting dan dapat dianggap sebagai langkah pertama untuk pemasaran internasional, diikuti oleh segmentasi demografis dan psikografis.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.