Pengertian Platina, Sifat, Negara Penghasil dan Manfaatnya

0

Pengertian Platina

Platina adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pt dan nomor atom 78. Logam transisi putih abu-abu ini padat, lunak, ulet, sangat tidak reaktif, dan berharga. Namanya berasal dari istilah Spanyol platina, yang jika diterjemahkan secara harfiah berarti “perak kecil”.

Platina ditemukan pertama oleh Antonio de Ullo (12 Januari 1716-3 Juli 1795) di Amerika Serikat. Platina selalu ditemukan bersama-sama logam lainnya, seperti iridium, osmium, paladium, dan rodium.

Platina adalah anggota unsur golongan platina dan unsur dalam golongan 10 pada tabel periodik. Ia memiliki enam isotop alami. Logam ini adalah salah satu unsur langka di kerak bumi dengan kelimpahan rata-rata sekitar 5 μg/kg. Ia terdapat dalam beberapa bijih nikel dan tembaga bersama dengan beberapa deposit alami, sebagian besar di Afrika Selatan, yang menyumbang 80% dari produksi dunia. Karena kelangkaan dalam kerak bumi, hanya beberapa ratus ton yang diproduksi setiap tahun, dan memberikan manfaat penting, logam ini menjadi sangat berharga dan merupakan komoditas logam mulia utama.

Sifat Platina

Platina memiliki sifat mekanik, elektrik dan fisik.Jika dibandingkan dengan emas, platina lebih keras. Namun lebih mudah ditempa. Titik leleh platina 1768,3 C, jauh lebih tinggi dibandingkan emas.

Negara Penghasil Platina

Sekitar 75 % platina dunia berasal dari Afrika Selatan, Kemudian disusul Rusia sebagai penghasil platina kedua kemudian diikuti Amerika.

Manfaat Platina

Platina digunakan dalam pengubah katalitik, peralatan laboratorium, kontak listrik dan elektrode, termometer resistensi platina, peralatan kedokteran gigi, dan perhiasan.

Oleh karena termasuk logam berat, platina memiliki masalah kesehatan jika terpapar garamnya, namun karena ketahanannya terhadap korosi, platina tidak beracun seperti beberapa logam lainnya.

Senyawa yang mengandung platina, seperti sisplatin, oksaliplatin dan karboplatin, digunakan dalam kemoterapi untuk melawan kanker jenis tertentu.

Dalam aplikasi sehari-hari biasanya kita mendapati platina dipakai sebagai salah satu onderdil sepeda motor, dalam dunia kesehatan biasanya dipakai untuk pen patah tulang.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.