Pengertian, Sistem, Karir Multimedia, dan Alasan Pilih Jurusan Multimedia

Teman teman yang menyukai komputer tentu sudah sering mendengar istilah multimedia, bahkan sekarang sudah ada jurusan khusus multimedia baik tingkat SMK maupun Universitas.

Bahkan di beberapa negara maju sudah diperkenalkan sejak dini bagaimana menimplementasikan multimedia ini. Baiklah marilah kita coba uraikan satu persatu.

Pengertian Multimedia

Secara bahasa kata multimedia dibagi menjadi dua bagian yaitu multi dan medium.

  • MULTI [latin nouns] yang berarti banyak; bermacam-macam
  • MEDIUM [latin] yang artinya sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:

  1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
  2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
  3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
  4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
  5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
  6. Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage devices, especially those used to store multimediantent. (wikipedia)

Komputer Multimedia

Selain multimedia kita juga mengenal istilah komputer multimedia yang bisa juga diartikan

Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer mutlimedia dilakukan oleh “Multimedia PC Marketing Council”, sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Baca juga “Fakta-Fakta Tentang Reynold B Johnson Penemu Hard Disk Komputer.”

Sistem Multimedia

A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media [AHD 1991].

Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?

  1. Kombinasi Media Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/ discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
  2. Independence Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah.
  3. Computer-supported Integration Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi

  1. Sistem Multimedia Stand Alone Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
  2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

Pekerjaan atau karir multimedia

Ada beberapa pendapat yang mengatakan saat ini adalah masa bagi yang ahli multimedia dan komputer. Kenapa karena memang banyak sekali pekerajaan yang berhubungan dengan multimedia.

Apalagi dengan kondisi pandemi COVID-19 yang menjadi masalah global dunia saat ini. Beberapa keahlian dasar sangat dibutuhkan baik untuk promosi, distribusi informasi, produksi konten dan sebagainya yang kebanyakan menggunaka internet.

Beberapa contohnya antara lain :

  • Desainer
  • Ilustrator
  • Fotografer
  • Videografer
  • Industri kreatif
  • Animator
  • Youtuber
  • Komposer music
  • Publisher
  • Konten Creator
  • dan lain-lain

Alasan Pilih Jurusan Multimedia

Multimedia dapat digunakan dalam:

  • Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
  • Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
  • Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Menurut riset Computer Technology Research (CTR):

  • Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
  • Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
  • Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
  • Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.

Multimedia mampu:

1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!

2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.

3.Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.

5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.

6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Demikian sedikit ulasan “Pengertian, Sistem, Karir Multimedia, dan Alasan Pilih Jurusan Multimedia,” semoga mampu menjawab pertanyaan beberapa netizen yang penasaran dengan dunia multimedia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.