Penyakit Tulang Pada Manusia dan Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Sadarkah kita bahwa manusia memiliki 206 tulang yang berada dalam tubuh kita. Yang mencapai 15 % dari berat badan kita. Tulang jug amemiliki siklus hidup dan bertumbuh, semakin tua maka akan semakin melambat.

Setelah kita mengetahui jenis dan fungsi tulang, alangkah baiknya kita juga mengetahui beberapa penyakit yang bisa menimpa kita semuanya. Sebagai wawasan dan juga antisipasi.

Berikut beberapa kasus penyakit pada tulang yang kami kutip dari website alodokter

Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai hilangnya massa tulang yang tidak normal dan kerusakan struktur tulang pada orang dewasa yang lebih tua.  Penyakit ini sering kita dengar dan sudah banyak beberapa obat yang beredar dengan menawarkan kalsium untuk memperkuat tulang.

Osteogenesis imperfecta

Penyakit tulang ini merupakan kelainan genetik yang membuat tulang patah dengan mudah. Seringkali tulang patah pada manusia untuk alasan yang tidak diketahui. Penyakit tulang Osteogenesis imperfecta bisa dikategorikan penyakit dari ringan sampai berat, dan gejala bervariasi pada setiap orang. 

Kanker Tulang

Terlepas dari namanya, kanker tulang umumnya tidak dimulai dari tulang. Menurut National Cancer Institute, sebagian besar kasus kanker tulang disebabkan oleh sel-sel kanker yang menyebar dari organ kanker lain. Ada beberapa jenis kanker tulang seperti osteosarcoma, chondrosarcoma, dan sarkoma Ewing. Untuk mengurangi risiko kanker tulang, Anda harus mempertahankan diet dan gaya hidup yang sehat. Olahraga teratur juga akan membantu.

Osteomielitis

Penyakit tulang osteomielitis adalah infeksi tulang, yang dapat terjadi tiba-tiba dan akut atau kronis. Perawatan dini untuk tulang mungkin termasuk antibiotik dan dalam beberapa kasus, pembedahan untuk mengangkat jaringan tulang yang terinfeksi.

CTEV atau Congenital Talipes Equinovarus

Penyakit tulang CTEV atau Congenital Talipes Equinovarus. CTEV ditandai dengan kelainan kaki yang sering muncul saat bayi baru lahir (cacat lahir). Kelainan pada kaki yang juga disebut clubfoot ini memiliki kondisi kaki bayi terpelintir dari bentuk atau posisinya normalnya. Jaringan yang menghubungkan otot ke tulang (tendon) pada penderita CTEV ini lebih pendek dari biasanya. Kondisi CTEV ini bisa ringan hingga berat. (Sumber D0kter Sehat).

Penyakit Paget

Penyakit paget merupakan suatu penyakit tulang yang mengganggu proses siklus normal tubuh Anda, di mana jaringan tulang baru secara bertahap menggantikan jaringan tulang lama (regenerasi tulang berlangsung lebih cepat dari yang seharusnya).

Seiring waktu, penyakit ini dapat menyebabkan tulang yang terkena menjadi rapuh dan cacat. Penyakit tulang Paget paling sering terjadi di panggul, tengkorak, tulang belakang dan kaki.

Kebanyakan orang dengan penyakit tulang Paget tidak memiliki gejala. Namun ketika gejala muncul, keluhan paling umum adalah nyeri tulang.

Cara menjaga agar tulang sehat

Alangkah lebih baik bila mencegah dari pada mengobati suatu penyakit. Begitu juga kasus pada tulang. Beberap alangkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang. Olahraga yang teratur. Bisa dicoba olahwaga berjalan, berenang, atau menari. selain itu olahraga terbaik untuk memperkuat tulang adalah dengan dengan latihan beban. Selanjutnya berhenti merokok bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Secara medis merokok dapat mengurangi kepadatan tulang. 

Demikian sedikit ulasan “Penyakit Tulang Pada Manusia dan Cara Menjaga Kesehatan Tulang,” Semoga bermanfaat bagi kita semua

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.