Resep Cara Membuat Telur Asin dengan Air Garam

0

Telur asin merupakan salah satu dari sekian makanan legendaris masyarakat Indoensia saat ini. Hampir semua orang tentu pernah merasakannya. Dan tentu tidak sedikit yang sangat menyukai dan menjadikannya makanan favorit. Bentuknya yang sederhana membuat telur asin menjadi pelengkap dari sajian sebuah makanan.

Ada sebagian orang yang menjadikannya sebagai bahan mata pencaharian untuk menghidupi keluarganya dari berjualan telur asin ini. Pernah ada cerita dari salah satu sekolahan SMP. Suatu ketika setelah pelajaran praktek membuat telur asin ternyata menyampaikan banyak terima kasih kepada gurunya.

Usut punya usut ternyata setelah praktek membuat 4 telur asin yang diberikan seorang guru kepada muridnya. Diikuti oleh salah satu wali murid yang baru saja terkena PHK karena musim pandemi saat ini. Itu sedikit cerita saja sebelum kita belajar membuat telur asin.

Tentunya bagi yang ingin jualan juga tidak dilarang, dan bagi ang kelebihan rezeqi bisa membeli dari orang orang yang menjual telur asin seperti dalam kisah diatas.

Bagaimana sejarah telur asin hingga mendapatkan gelar warisan budaya tak benda pernah kita bahas dalam artikel sebelumnya dengan judul “Sejarah Telor Asin Brebes .”

Berikut ada beberapa versi bagaimana membuat telur asin yang bisa anda coba.. versi pertama menggunkan air garam sebagai berikut

Bahan-bahan

  • 1 liter air
  • 12 butir telur bebek
  • 1 tempat toples yang dapat ditutup rapat
  • 500 gram garam

Cara Membuat Telur Asin

Resep membuat telur asin tidak rahasia lagi, saat ini bisa kita tiru dan duplikasi juga bila ingin berjualan atau sekedar mengkonsumsi sendiri. Salah satu bahan utamanya adalah air garam, berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan

Cara membuat telur asin:

  1. Rendam bahan utama yaitu telur bebek dalam air selama 2 menit. Lakukan pemilahan, bila ada telur yang mengapung, buang saja. Karean itu telur yang reject.
  2. Kemudian bersihkan telur hingga bersih. Jaga cangkang telur tidak sampai pecah atau retak. Setelah itu langsung keringkan telur.
  3. Selanjutnya, lakukan langkah yang jarang orang melakukan yaitu amplas telur agar pori-pori telur terbuka dan garam lebih mudah meresap.
  4. Langkah selanjutnya adalah melarutkan garam dalam air, kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya masukkan dalam toples yang dapat ditutup rapat.
  5. Masukkan telur secara perlahan-lahan dan bertahap. Pastikan telur terendam semua. Beri jarak 2 cm dari permukaan.
  6. Rendam kurang lebih selama 10-12 hari. Jika ingin rasa lebih asin rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu. Selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari.
  7. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam.
  8. Bisa juga dengan cara dikukus dengan waktu yang sama.
  9. Telur asin siap disajikan. Dan dijual apabila anda memproduksi secara besar.

Demikian sedikit pembahasan “Resep Cara Membuat Telur Asin dengan Air Garam.” semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.