Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Abu Bakar Ash Shiddiq

0

Khulafaurrrasyidin adalah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dari Allah. mereka memiliki sifat arif dan bijaksana dan merupakan sabahat terpilih yang menggantikan Rosulullah SAW setelah beliah wafat. Mereka antara laina adalah Abu Bakar Ashiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abu Thalib. Berikut kami tuliskan Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Abu Bakar Ash Shiddiq.

Riwayat Singkat Abu Bakar Shiddiq ra.

Beliau adalah khalifah pertama dengan masa pemerintahan 11-13 H / 632-634 M). sesudah wafatnya Rasulullah Saw. Selain itu Abu bakar juga merupakan laki-laki pertama yang masuk Islam, pengorbanan dan keberanian beliau tercatat dalam sejarah, bahkan juga didalam Quran (Surah At-Taubah ayat ke-40) sebagaimana berikut :

“Jikalau tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seseorang dari dua orang (Rasulullah dan Abu Bakar) ketika keduanya berada dalam gua, diwaktu dia berkata kepada temannya:

”Janganlah berduka cita, sesungguhya Allah bersama kita”. Maka Allah menurunkan ketenangan kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Baca juga “10 Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga, Abu Bakar Hingga Abu Ubaidillah.”

Program pertama Abu Bakar Shiddiq adalah meredam pemberontakan, memerangi para pembangkang yang tidak mau membayar zakat, dan menumpas para nabi palsu.

Selanjutnya , Abu Bakar Shiddiq memulai program pengumpulan dan penulisan kembali ayat-ayat Al Qur’an. Penyebabnya saat itu banyak sahabat penghafal Al Qur’an yang gugur di medan jihad.

Abu Bakar Shiddiq berhasil meluaskan daerah dakwah Islam. Sakah satunya hingga ke Irak yang masih dijajah Persia dan Syam yang berada di bawah kekuasaan Romawi Timur. Beliau meninggal dalam umur 63 tahun, dari beliau diriwayatkan 142 hadiets.

Demikian sedikit ulasan “Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Abu Bakar Ash Shiddiq.” semoga bermanfaat.

Note

Khalifah (bahasa Arab: خَليفة‎; khalīfah) adalah gelar yang diberikan untuk penerus Nabi Muhammad dalam kepemimpinan umat Islam. Wilayah kewenangan khalifah disebut kekhalifahan atau Khilafah (bahasa Arab: خِلافة‎; khilāfah)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.