Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Umar bin Khattab

0

Khulafaurrrasyidin adalah para khalifah yang mendapatkan petunjuk dari Allah. mereka memiliki sifat arif dan bijaksana dan merupakan sabahat terpilih yang menggantikan Rosulullah SAW setelah beliah wafat. Mereka antara laina adalah Abu Bakar Ashiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abu Thalib. Berikut kami tuliskan Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Umar bin Khattab.

Riwayat Singkat Umar Bin Khattab

Beliau adalah khalifah ke-dua sesudah Abu Bakar. Masa pemerintahan beliau 13-23 H / 634-644 M). Abu Bakar termasuk salah seorang yang sangat dikasihi oleh Nabi Muhammad Saw semasa hidupnya. Usianya lebih muda 13 tahun dari Rasulullah saw.

Sebelum memeluk Islam, Beliau merupakan musuh yang paling ditakuti oleh kaum Muslimin. Namun semenjak ia bersyahadat dihadapan Rasul (tahun keenam sesudah Muhammad diangkat sebagai Nabi Allah), ia menjadi salah satu benteng Islam yang mampu menyurutkan perlawanan kaum Quraish terhadap diri Nabi dan sahabat. Beliau digelari Al Faruq karena begitu tegas membedakan yang benar dan yang salah.

Baca juga “10 Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga, Abu Bakar Hingga Abu Ubaidillah.”

Dijaman kekhalifaannya, Islam berkembang seluas-luasnya dari Timur hingga ke Barat, kerajaan Persia dan Romawi Timur dapat ditaklukkannya dalam waktu hanya satu tahun. Seperti negara Mesir, Irak, Syam.

Beberapa jasa Umar Bin Khattab

  • Menerapkan penanggalan Hijriah
  • Membangun sekolah sekolah
  • Meneruskan usaha Abu Bakar Ashiddiq untuk mengumpulkan Al Quran
  • Memberikan tunjangan sosial bagi orang miskin, Yahudi dan Nasrani
  • Membangun kota-kota dengan saluran air untuk kesejahteraan rakyat.

Beliau meninggal dalam umur 64 tahun karena dibunuh, dikuburkan berdekatan dengan Abu Bakar dan Rasulullah dibekas rumah Aisyah yang sekarang terletak didalam masjid Nabawi di Madinah.

Note

Khalifah (bahasa Arab: خَليفة‎; khalīfah) adalah gelar yang diberikan untuk penerus Nabi Muhammad dalam kepemimpinan umat Islam. Wilayah kewenangan khalifah disebut kekhalifahan atau Khilafah (bahasa Arab: خِلافة‎; khilāfah).

Baca juga “Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Abu Bakar Ash Shiddiq.”

Demikian sedikit ulasan “Riwayat Singkat Khulafaurrrasyidin Umar bin Khattab,” semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.