Bacaan Semua Kalangan

Sejarah dan Kelebihan Hidroponik, Bedanya dengn Bercocok Tanam Biasa

0

Ada beberapa isu ketahanan pangan yang muncul saat musim pandemi saat ini. Pemanfaatan lahan untuk budi daya makanan secara mendiri sangat dianjurkan. Salah stunya metode hidroponik yang sempat booming beberapa tahun belakangan.

Sejarah Hidroponik

Hidroponik memiliki sejarah yang perlu kita ketahui bersama. Berikut beberapa penjelasannya.

Hidroonik dari sisi bahasa berasal dari bahasa Yunani, dimana kata hidroponik terbagi menjadi dua suku kata, yakni “hidros” dan “ponos” Hidros (hydro dalam bahasa inggris) artinya air, sedangkan Ponos (ponic dalam bahasa inggris) artinya mengerjakan. Jadi secara istilah bahasa, hidroponik adalah metode bercocok tanam dengan menggunakan air sebagai medianya.

Kelebihan Menggunakan Hidroponik

Metode tanam hidroponik saat ini kembali menjadi trend masyarakat perkotaan, setelah masa work from home diterapkan pemerintah saat wabah COVID_19. Metode hidroponik melekat dengan budidaya tanaman memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah akan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Berikut beberapa kelebihannya :

  • Mendukung ketahanan pangan saat krisis
  • Memanfaatkan lahan kosong
  • Bisa dimodifikasi dengan ternak lele
  • Bisa dikonsumsi sendiri
  • Tidak membutuhkan lahan yang luas
  • Bisa berkumpul bersama komunitas hidroponik
  • Bisa diterapkan untuk beberapa jenis tanaman yang dibutuhkan seoert bayam, kangkung, dan sejenisnya

Baca juga “Pengertian, Kandungan, Jenis, Manfaat Dan Khasiat Buah Sayur Tomat.”

Bedanya dengan Bercocok Tanam

Cara menanam dengan hidroponik berbeda dengan bercocok tanam secara umu. Adapun yang membedakan metode bercocok tanam hidroponik dengan bercocok tanam konvensional salah satuny ada pada media bercocok tanamnya.

Pada metode hidroponik ada beberapa elemen tambahan seperti menggunakan media air dan tambahan wadah atau tempat khusus biasanya memanfaatkan lokasi yang sempit, sedangkan pada metode konvensional secara umum menggunakan media tanam di tanah. Sehingga hidroponik bisa dibilang termasuk kedalam inovasi perkembangan teknik bercocok tanam yang modern yang secang piopuler saat ini.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.