Bacaan Semua Kalangan

Sejarah Menulis dan Alasan Kenapa Manusia Butuh Menulis

0

Hampir semua manusia di bumi saat ini tentu pernah menulis dan menggunakan alat tulis menulis. Seperti kertas, pensil, pena, kapur, papan tulis dan sebagainya.

Tapi tahukah teman teman semua. Kapan orang mulai pertama menulis ? kenapa menulis. Berikut kami coba sedikit mengulasnya.

Manusia Mulai Menulis

Sekitar 5000 tahun yang lalu bangsa sumeria merintis tata aksara atau tulisan. Mereka membuat gambar-gambar kecil yang disebut piktogram. Setiap gambar memiliki makna tertentu. Lalu mereka menemukan piktogram untuk bunyi ucapan, agar mereka dapat berkata-kata lewat tulisan.

Beberapa media menulis juga digunakan mulai dari tumbuhan batu dan sebagainya. Orang Mesir kuno menulis di atas tumbuhan. Mereka menebang tangkai tumbuhan papirus, yang banyak dijumpai di Sungai Nil.

Tahukah anda sejarah kata bahas Inggris paper (kertas). Ternyata kata paper berasal dari papirus.

Tujuan Menulis

Jadi sudah sejak dahulu manusia menulis, dengan tujuan beberapa antara lain adalah agar mereka bisa berkata-kata melalui tulisan, selain itu berfungsi juga untuk menuliskan sandi. Seperti Bangsa Viking purba yang sudah menuliskan sandi rahasia rune.

Yaitu berupa garis-garis lurus. Padahal pada zaman itu jarang ada orang yang dapat membaca tulisan.

Baca juga “Cara Menuliskan Tanda Hubung, Pisah Dan Huruf Kapital.”

Seiring dengan perkembangan waktu menulis saat ini sangat banyak kegunaannya. Menulis laporan, berita, cerita, novel, puisi. surat, dan masih banyak lagi.

Karena memang manusia selain menggunakan video, foto juga memerlukan tulisan untuk mempertegas sebuah pesan.

Baca juga “Mencari Ide Menulis Menggunakan Tools Question Hub.”

Baca juga update online

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.