Tadabur Surat Al-Baqarah Ayat 249 Senjata Perang Sering Terlupakan

قَالَ ٱلَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلَٰقُوا۟ ٱللَّهِ كَم مِّن فِئَةٍ قَلِيلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيرَةًۢ بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

2:249. …Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata: “Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Berbagai kisah perjuangan heroik sering kita dapatkan baik melalui kisah siroh atau film film pertunjukan. Sebuah kabar gembira kepada ke ukat manusia untuk tetap optimis bagaimanapun kondisinya.

Bagaimana perjuangan Jendral Soedirman dengan berbagai keterbatasanya juga mengusir penjajah Indonesia. Tentu banyak lagi kisah yang bisa kita tarik dalam kondisi saat ini.

Evaluasi

Seperti inilah hendaknya yang kita lakukan. Sering kali hal itu tidak bisa terwujud karena amal perbuatatan kita yang buruk, dan niat kita yang rusak.

Karena itulah jumlah pasukan yang besar bisa kocar-kacir berhadapan dengan pasukan yang kecil. Hal seperti ini tidak sekali kita saksikan. Semuanya karena kesalahan kita sendiri.

Seperti perkataan Abud Darda’: “Senjata kalian dalam berperang adalah amal perbuatan kalian.”

Sabar

Selain itu orang sabar juga menjadi senjata yang luar biasa dalam menghadapi berbagai permasalahan. Dalam ayat yang lain keutamaan sabar juga disebutkan dalam ayat yang lain.

Tepatnya dalam surat Al-Anfal ayat 46 disebutkan bahwa Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.

Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.