Tadabur, Terjemahan dan Isi Kandungan QS Ar Rum Ayat 21

0

Ada salah satu ayat Al Quran yang seringkali kita jumpai menghiasi surat undangan pernikahan di masyarakat Indonesia. Surat terkait bab pernikahan yang biasanya menjadi landasan dalam melangsungkan sebuah pernikahan. Apakah itu ? Agar lebih jelas, berikut salah satu ayat dalam Al Qur’an yaitu Ar Rum ayat 21 beserta latin dan terjemahannya.

Lafal Surat Ar Rum 21

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Terjemahan

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya lah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Isi Kandungan QS Ar Rum Ayat 21

Ayat diatas menjelaskan kepada kita semua seputar pernikahan, setidaknya terdapat dua garis besar isi kandungan dari ayat ini.

  1. Pertama, sudah menjadi sunatullah bahwa pasangan hidup manusia haruslah laki-laki dan wanita dari golongan manusia, bukan dengan makhluk lain seperti hewan atau golongan jin. Pernikahan terjadi untuk memberikan manfaat atau kemaslahatan yang besar bagi manusia.
  2. Kedua adalah agar pasangan manusia merasa tenteram dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Terdapat 3 unsur ketentraman dalam rumah tangga, yakni sakinah, mawaddah, dan rahmah. Sakinah adalah perasaan nyaman, damai, dan tenang kepada yang pasangan yang dicintainya.

Maksudnya adalah suami menjadikan istri sebagai tempat untuk berteduh agar merasa nyaman dan tenang, begitupun sebaliknya. Mawaddah adalah perasaan pasangan yang ingin bersama dan bersatu. Secara bahasa, mawaddah diartikan sebagai cinta kasih, persahabatan, dan keinginan untuk bersama.

Sedangkan rahmah memiliki makna kelembutan dan kasih sayang yang tumbuh karena adanya suatu ikatan tertentu, sebagaimana halnya cinta orang tua terhadap anaknya dan juga sebaliknya.

Baca juga “Desain Kartu Undangan Pernikahan Unik.”

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.