Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Artinya dan Jawabannya Adalah

0

Lebaran kali ini tampaknya akan berbeda dari tahun tahun sebelumnya ucapan maaf dan bersua antar keluarga bakalan berkurang. Namun ucapan doa “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum,” akan tetap dilaksanakan walaupun dengan telepon atau dengan desain kartu lebaran.

Seringkali kita mendengar ucapan meminta maaf saat lebaran diringi dengan kalimat Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Dan kebanyakan masih bingung harus menjawab dengan ucapan apa. Apa sebenarnya artinya ? ada yang tau teman-teman semua ? Baiklah untuk yang tidak tau arti dan jawabannya berikut penjelasannya ?

Berikut arti dari Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

(taqobbalalloohu minna wa minkum)

yang artinya: semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

Nah sudah tau kan teman-teman, ucapan tersebut adalah sebuah doa yang sangat mulia, bagaimana tidak. Setelah sebulan berpuasa kita didoakan oleh banyak orang agar diterima kesalahan kesalahan dan dosa kita. Terus kita harus menjawab apa coba, berikut jawabanya

Lalu bagaimana jawaban ucapan sekaligus doa ini? Dalam riwayat yang sampai kepada kita, jawaban taqabbalallahu minna wa minkum adalah doa yang sama: taqabbalallahu minna wa minkum.

Ada sebuah hadist yang diriwayatkan dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir).

Jadi kesimpulannya adalah boleh menjawab dengan ucapan yang sama teman-teman, kan saling mendoakan bener gak ….klaau di masyarakat itu biasanya menjawab “Taqobbal Ya Kariim..” lebih pendek ya.

Mungkin itu dulu tulisan singkat “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Artinya dan Jawabannya Adalah,” semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.