Tahukah pembaca sekalian apa saja produk terlaris saat jualan di Internet ? berikut beberapa penjelasan yang dikutip dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!Dari survei yang dilakukan APJII yang bekerja sama dengan Indonesia Survey Center (ISC) periode 2019-kuartal II 2020. khususnya bagi pengguna internet di Indonesia hasilnya cukup fantastis. Pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II tahun ini naik menjadi 73,7 persen dari populasi atau setara 196,7 juta pengguna. Atau dengan kata lain data tersebut menunjukan ada kenaikan jumlah pengguna internet Indonesia sebesar 8,9 persen atau setara 25,5 juta pengguna di medio tahun ini
Jamalul Izza, Ketua Umum APJII, menjelaskan kenaikan jumlah penggguna itu antara lain disebabkan beberapa faktor, seperti
- infrastruktur internet cepat atau broadband di Indonesia semakin merata
- adanya Palapa Ring,
- transformasi digital semakin masif akibat pembelajaran online dan kebijakan bekerja dari rumah (work form home) akibat pandemi Covid-10 sejak Maret lalu.
- Adanya program-program APJII seperti Desa Internet Mandiri yang didukung oleh sekitar 500 anggota Asosiasi.
Sebaran Pengguna Internet
Sebaran pengguna internet antara lain di Pulau Jawa masih berkontribusi terbesar terhadap kenaikan jumlah pengguna internet tersebut,
- Jawa 56, 4 persen.
- Pulau Sumatera dengan 22,1 persen.
- Sulawesi 7 persen,
- Kalimantan (6,3 persen),
- Bali-Nusa Tenggara (5,2 persen), dan
- Maluku-Papua (3 persen).
Dari data diatas menunjukan beberapa ibukota provinsi memiliki penetrasi internet lebih tinggi dibandingkan penetrasi provinsi bahkan nasional yang rerata 73,7 persen.
Misalnya, DKI Jakarta 85 persen; Bandung 82,5 persen; dan Surabaya 83 persen. Bahkan Serang di Banten jumlah penetrasi tembus 100 persen. “Ini data baru, penetrasi internet di ibukota provinsi kami buat pada tahun ini untuk mendukung 14 pengurus wilayah APJII di Indonesia,” ungkap dia.
Data lain menunjukan rata rata pengguna mengakses internet lebih dari 8 jam dalam satu hari. Kemudian ada pergeseran perilaku pengguna selama pandemi, antara lain dari konten media online yang diakses pengguna.
“Tahun ini mayoritas konten media online yang diakses pengguna adalah konten pendidikan dan laman sekolah, karena kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi,” kata Jamal. Sementara konten hiburan yang banyak diakses adalah video online (49,3 persen), game online (16,5 persen), dan musik online (15,3 persen). ” Jamalul Izza, Ketua Umum APJII
Sejatinya, ada lima alasan utama mereka mengakses internet, yakni media sosial, komunikasi pesan, game online, dan belanja online.
Produk Yang Paling Laris
Dan yang paling menarik sebenarnya adalah data produk yang paling laris di internet, antara lain sebagai berikut
- Produk fashion dan kecantikan,
- rumah tangga,
- elektronika.
Sebanyak 68,7 persen merasa aman bertransaksi internet. Walaupun masih ada 31,3 persen yang masih belum merasa aman .
Platform media sosial favorit pengguna adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. “Sebanyak 61 persen responsen sering mengakses YouTube untuk menonton konten film, musik, dan olahraga,” ujar Jamal.
Aplikasi percakapan WhatsApp (WA) banyak digunakan melebihi Line dan FB Messeger, termasuk untuk video call. Aplikasi fintech, mobile banking, dan internet banking adalah tiga layanan keuangan utama yang diakses pengguna internet Indonesia.
Soal perangkat, smartphone adalah perangkat favorit pengguna internet di Indonesia. Jumlahnya mencapai 95,4 persen. Sementara dari laptop/tablet hanya 19,7 persen dan komputer PC 9,5 persen.
Baca juga ” Sejarah Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12 Desember.”
Metode survei yang dilakukan APPJI tahun ini menggunakan teknik sampling seperti probability sampling, multistage random sampling, dan varian area random sampling. Jumlah sampel mencapai 7.000 responden dengan margin of error 1,27 persen dan level of confidence 95 persen.
Demikian beberapa informasi update, semoga menginspirasi dan terus berkarya yang positif di internat.
Baca jug artikel online