Search
Close this search box.

Tutorial Menyambut Era Data dan Digital di Semua Bidang

Tutorial Menyambut Era Data dan Digital di Semua Bidang

INITU.ID – Tulisan ini pernah muat di tabloid bulanan “Inspirasi” sekitar sepuluh tahun lalu atau tepatnya tahun 2012, tidak ada salahnya penulis publish ulang untuk menjadi referensi.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Perkembangan pengguna internet di Indonesia saat itu sudah mencapai 63 juta pengguna atau 24,23 persen selang sepuluh tahun sudah mencapai 204,7 juta atau sudah tiga kali lipat lebih.

Sesuai data survei yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) hal ini cukup mencengangkan dimana kedepan Penetrasinya akan terus naik 30 persen dibandingkan dengan tahun 2012 dan jika angka ini dijaga pertumbuhannya maka pengguna internet Indonesia bisa melebihi 50 persen populasi pada 2015.

Berangkat dari data diatas tentu kita sebagai masyarakat Indonesia akan memasuki sebuah era baru yaitu era digital, yang mana akan memunculkan sebuah budaya baru dan berbeda dengan era sebelumnya era dua puluh tiga tahun yang lalu tahun 1990 ketika internet baru masuk ke Indonesia, hal inilah yang kedepan akan memiliki dampak positif dan negatif, yang harus dipersiapkan dan disambut oleh pemerintah dan segenap elemenya, metode pendidikan, metode informasi, dan tentunya pemasaran, marketing akan berbeda

Hal ini tentu menjadi angin segar bagi Masyarakat Indonesia, Hampir semua eleman didalamnya baik instansi,personal, lembaga resmi atau tidak sudah mulai memiliki alamat website dan social media khusus yang dikelola oleh mereka dengan harapan dapat memperluas jaringan pemasaran, bisnis ataupun pertemanan. Belum lagi banyak Perusahaan pemakai layanan internet sampai UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) yang memiliki peluang lebih luas untuk go international

Kalau diambil nilai positif dan manfaatnya sudah tentu kita sebagai user sekaligus masyarakat bisa memaksilkan beberapa peluang bisnis yang semakin terbuka lebar yang membutuhkan akses internet, antara lain lokalisasi konten, aplikasi, e-commerce, dan data center. Dimana ketiga hal tadi bisa dibangun dengan sama rata, dan dimanfaatkan sesuai peruntukan masing masing, ketiga hal tersebu bisa digambarkan sebagai berikut

  1. LOKALISASI KONTEN
    Konten yang berkualitas dan orisinil sekarang menjadi raja, khususnya di dunia Search Engine raksasa seperti google dan yahoo, beberapa media cetak offline sekarang, sedikit demi sedikit sudah beralih ke dunia online, mau tidak mau mereka sudah harus mempersiapkan era digital ini
    Bagi tokoh masyarakat, motivator, atau personal bisa memanfaatkan web personal untuk mengenalkan ide dan profilenya kepada khalayak dengan yang mana bisa menjadi referensi umum yang akan ramai di kunjungi visitor dengan konten yang orisinal tentunya
    Konten ini selain orisinal juga menjadi semacam caruk pasar yang selalu diperebutkan dengan trend yang terus berubah setiap waktunya, dengan pemilihan konten dan waktu yang tepat akan sangat mempengaruhi kualitas sebuah web kita
  2. ONLINE STORE
    UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Indonesia yang bertumbuh semakin pesat dimana saat ini berjumlah 55,3 Juta berdasar data BPS ( Badan Pusat Statistik ), Sementara dari jumlah pengguna internet di Indonesia, Nielsen mencatat enam persen atau 3,3 juta adalah pemakai e-commerce.
    Google yang notabene raksasa dunia juga membuka kantornya di Indonesia dengan salah satu sasaranya adalah bagaimana kita bisa berjualan Online di Internet , ada 3 cara yang bisa kita lakukan
    Pertama, menjual produk melalui situs e-commerce atau iklan online. Ini adalah cara termudah dan termurah. Tidak perlu membuat situs, tinggal memasang iklan produk anda di berbagai situs e-commerce atau iklan online. Meskipun cara ini mudah dan hemat, namun hasilnya cukup efektif, karena produk kita bisa terjual lebih cepat. Berikut beberapa situs e-commerce dan iklan online yang bisa dipertimbangkan.
    Shoope, Bukalapak, Lazada dan masih banyak lagi situs yang mendisplay barangnya dengan lengkap dan memiliki rangking alexa atau rangking website dunia bagus
    Kedua, membuat toko online dalam situs e-commerce. Membuat situs untuk UKM anda, menempel pada situs e-commerce. Cara ini juga hemat, karena banyak situs e-commerce yang menawarkan jasa gratis. Namun demikian, perlu sedikit usaha untuk mendesain toko online agar terlihat menarik dan dikunjungi banyak calon pembeli. Ada beberapa situs yang menawarkan jasa gratis penempatan toko online ini
    Ketiga, membuka domain dan toko online sendiri. Membuat domain sendiri untuk toko online dan usaha anda. Karena situs ini sepenuhnya milik anda, tentunya dibutuhkan upaya untuk membuat desain situs yang menarik dan paling penting di kunjungi banyak calon pembeli. Namun demikian tidak perlu kawatir, banyak sekali jasa pembuat toko online yang siap membantu anda
  3. DATA CENTER
    Sekarang ini banyak orang yang menggunakan search engine untuk menemukan pertanyaan yang belum bisa terjawab, dan rata rata user internet memiliki kepercayaan kepada website yang berkualitas untuk dijadikan referensi sumber data. Selain cepat dan mudah kebanyakan tidak lagi membutuhkan perjalanan yang lama untuk pergi ke perpustakaan atau toko buku, cukup dengan mengklik dan munculah hasilnya
    Salah satu produk makanan sengaja mengeluarkan website resinya dengan tagline data centernya lengkap sebagai referensi terkait produk makanan tersebut , serta Hampir semua kementrian menggunakan data center online sebagai sarana berhubungan dangan khalayak masyarakat , seperti meteri perindustrian yang baru saja melaunching. Hal ini tentu semakin memanjakan user internet yang membutuhkannya
    Dan tentunya bagi kita sebagai pemilik bisnis dan ingin memanjakan konsumen maka persiapkan data sebaik dan seakurat mungkin bagi mereka, pastikan anda menjadi referensi utama dan pertama untuk kemudian mereka memilihnya

Lihat juga berita-berita INITU di Google News, Klik Disini

Share the Post:

Related Posts