10 Aturan Penggunaan Gadget, Panduan Parenting Era Digital

10 Aturan Penggunaan Gadget, Panduan Parenting Era Digital

0

10 Aturan Penggunaan Gadget – Parenting Era Digital

Perubahan pola komunikasi saat ini sangat perlu dicermati oleh orangtua. Keberadaan Gadget memaksa kita untuk memperhatikan dengan baik perkembangan dan hubungannya dengan pendidikan anak. Berikut beberaoa aturan yang semoga bermanfaat bagi pembaca dalam menjaga hubungan baik dengan anak anda.

gadget dan anak indonesia
gadget dan anak indonesia

1. Saat berbicara dengan anak, pastikan anda meletakkan gadget anda.

Menjadi sangat penting untuk membangun hubungan. Utamakan privasi dan tentu fokus terhadap apa yang dibicarakan. meletakan gadget akan lebih baik untuk kedepannya.

2. Pastikan anda mengikuti (follow) akun media sosial anak anda (jika ada).

Ingin mengetahui aktifitas terkini, atau pribadi putra putri kita. Segera follo akun media sosialnya. Bisa instagram, facebook, maupun yang lainnya.

3. Saat bermain dengan mereka, pastikan anda meletakkan gadget anda.

Anak kecil sangat rentan untuk menirukan orang disekitarnya. Jangan heran saat anda mengerjakan sesuatu menggunakan laptop atau PC, maka anak kecil akan mendekat dan mengganggu untuk menirukan.

4. Gunakan gadget anda untuk membagikan hal2 positif dengan anak anda.

Saat ini ada beberapa fasilitas pendidikan yang efektif menggunakan gadget juga, seperti mempelajari astronomi, suara dan ilustrasi binatang dan gambar binatang yang mudah diakses menggunakan mesin pencari google.

5. Stop penggunaan gadget saat makan.

Saat makan merupakan waktu yang efektif untuk membangun komunikasi. Menjadi tempat curhat kejadian di sekolah bagi anak, atau mencurahkan isi hati keinginan anak. Begitu pula sebaliknya bisa menjadikan sarana yang efektif untuk menasehati atau memberikan wejangan positif kepada anak

6. Stop penggunaan gadget saat jalan-jalan bersama anak.

Tanpa sadar mau tidak mau, perilaku orangtua akan ditiru oleh anaknya, ketika kita disiplin untuk membatasi interaksi gadget, sudah sepatutnya selaku orangtua seperti itu. Perbanyak komunikasi langsung dari hati ke hati saat santai seperti jalan-jalan bersama.

7. Jika anak anda telah memegang gadget, pastikan anda mengirimi pesan.

Pesan sebagai bentuk perhatian sangat diperlukan untuk mengontrol keberadaan dan aktifitas anak anda. Sesekali mengecek juga  sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh kemanfaatnya.

8. Video call mereka saat mereka berada di tempat lain yang cukup jauh.

Walaupun ringan, video call menjadi menghubung jarak yang jauh saat ini. Harga kota yang relatif murah tentu bisa menjadi pilihan untuk memperhatikan secara intens perkembangan putra-putri kita.

9. Saat ia membutuhkan perhatian, letakkan gadget anda.

Kapan saat mereka memutuhkan perhatian, tentu kita lebih faham kondisinya. Saat mereka banyak berdiam diri atau saat mereka merengek meminta sesuatu atau momentum lainnya.

10. Batasi penggunaan gadget anda, perbanyak ingatan bersamanya bukan bersama gadget anda.

Sesekali makan bersama dan rekreasi bersama sepertinya cukup efektif untuk membangun kedekatan dalam keluarga. Sejenak melupakan gadget yang setiap hari bersama kita.

Demikian 10 aturan yang bisa kita terapkan dan kita aplikasikan kepada anak kita. Semakin pesatnya perkembangan zaman orangtua tidak boleh cuek atau bahkan membebaskan begitu saja pergaulan anak dari gadget yang beragam informasi didalamnya.

_______

Selamat Hari Anak Nasional 2018

_______

Sumber : Kualita Pendidikan Indonesia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.