Bacaan Semua Kalangan

8 Tempat Wisata di Bandung NgeHits dan Populer 2019

0

Bandung merupakan Ibukota provinsi Jawa Barat. Kota ini selalu menarik minat wisatawan baik domestik maupun internasional dengan wisata kuliner, wisata belanja dan wisata alamnya. Tempat wisata di Bandung yang beragam banget, membuat wisatawan ngga bakal kehabisan ide tempat buat dikunjungi.

Itu sebabnya, kota ini jadi salah satu tujuan wisata utama di jawa barat saat liburan. Letaknya yang terbilang cukup dekat dengan Jakarta, membuatnya menjadi tempat wisata favorit warga ibukota. Hal ini juga dipermudah dengan adanya jalan tol Cipularang yang memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung menjadi kurang lebih 2-3 jam.

Berikut beberapa tempat wisata yang populer dan ngehits di media sosial

  1. Farmhouse Lembang
  2. Kebun Teh Sukawana
  3. Gunung Tangkuban Perahu
  4. Kawah Putih Ciwidey
  5. Saung Angklung Udjo
  6. Masjid Agung dan Alun-Alun
  7. De Ranch Lembang
  8. Jalan Braga Bandung.

Berikut beberapa gambaran wisata yang menarik tersebut, sebagai referensi untuk mengajak keluarga berwisata memanfaatkan waktu liburan.

Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang menjadi wisata favorit di Bandung. Tempat wisata ala Eropa ini akan ramai dikunjungi pada akhir pekan, Lokasi wisata ini tepatnya di Jalan Raya Lembang nomor 108 Gudangkahuripan Lembang.

Tiket lokasi wisata ini seharga Rp 20.000,- (bisa ditukar sosis atau susu). Lokasi ini sendiri buka setiap hari mulai jam 09.00-21.00 WIB kecuali weekend tutup sampai jam 23.00 WIB

Wisata Populer Bandung Farmhouse Lembang
Wisata Populer Bandung Farmhouse Lembang

2.Kebun Teh Sukawana

Kebun teh Sukawana berada dalam komplek PTPN VIII masuk dalam bagian bibit unggul. Tepatnya di Karyawangi Parongpong. Dilokasi ini dikenai biaya 5000, bisa juga digunakan untuk camping dengan membayar 10.000,-.

Selain menikmati udara segar, disini juga bisa menikmati pemandangan dengan cara bersepeda.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya.

Wisata Fenomenal Bandung Tangkuban Prahu
Wisata Fenomenal Bandung Tangkuban Prahu Wikipedia

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.

Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 °C pada malam hari. Menjadi lokasi wisata yang cukup populer sejak lama. Bahkan menjadi ikon cerita rakyat dan jujugan wisatawan baik dalam ataupun luar negeri.

4. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey menjadi wisata di Bandung yang ngehits. Selain memanjakan pemandangan mata yang indah dan kawah yang berwarna putih. Lokasi wisata ini sendiri berada di Ciwidey Bandung.

5. Saung Angklung Udjo

Angklung adalah alat musik terbuat dari pipa-pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ. Diikat bersama dalam suatu bingkai, lalu digetarkan untuk menghasilkan bunyi. Secara tradisional, ada yang dinamakan Angklung Baduy, Angklung Buncis, Angklung Gubrag, dan Angklung Bungko.

Wisata Budaya Bandung Saung Angklung Udjo
Wisata Budaya Bandung Saung Angklung Udjo

Udjo Ngalagena sangat terinspirasi gurunya Daeng Soetigna, pencipta angklung diatonis bernama Angkung Padaeng pada 1938. Sebelumnya, angklung hanya bernada pentatonis. Guru asal Garut ini memiliki filosofi 5M yaitu, Mudah, Murah, Mendidik, Menarik, dan Massal. Udjo menyempurnakannya, menambahkan satu nilai, Meriah.

Udjo Ngalagena sebagai pemilik Saung Angklung Udjo Wafat pada 3 Mei 2001 silam. Namun, semangat dan kecintaannya pada budaya Sunda tetap berkibar, dilanjutkan keluarganya. UNESCO pun, pada 16 September 2010, telah menetapkan angklung sebagai Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity, atau warisan budaya tak benda Indonesia.

6. Masjid Agung dan Alun-Alun

Tidak jauh dari jalan Asia Afrika para wisatawan juga bisa berhenti dan beribadah di Masjid Agung Bandung sekaligus menikmati wisata santai di alun alun dengan rumput sintetis yang sangat nyaman buat anak anak kecil maupun dewasa.

Wisata Bandung Masjid Agung dan Alun-Alun
Wisata Bandung Masjid Agung dan Alun-Alun

7. De Ranch Lembang

De Ranch Lembang Bandung
De Ranch Lembang Bandung

Wisata yang berbeda ditawarkan De Ranch Lembang. Berada di Jalan Maribaya No.17, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Anda bisa mendatangi sebah tempat wisata yang menarik bernama De Ranch. De Ranch ini sebenarnya merupakan kawasan peternakan yang kemudian disetting sedemikian rupa sehinga menjadi tempat wisata keluarga yang sangat seru dan mengesankan.

8. Jalan Braga Bandung

Wisata Bandung 2019 Jalan Braga
Wisata Bandung 2019 Jalan Braga

Jalan Braga hampir mirip dengan jalan Malioboro, salahsatu spot andalanya adalah tulisan nama jalan dengan background bangunan kuno yang bersejarah di Bandung. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Asia Afrika atau lokasi gedung Merdeka tempat Konferensi yang saat ini juga dimanfaatkan untuk museum.

Demikian sedikit tulisan “8 Tempat Wisata di Bandung NgeHits dan Populer 2019,” semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.