10 Tips Mudah Saat Melakukan Perjalanan Jauh bagi Pemula

Tulisan ini kami peruntukan untuk adik adik yang baru pertama kali melakukan perjalanan jauh sendiri. Perjalanan yang mengharuskan kita melakukan dengan sendiri, walau idealnya dilakukan minimal ada temannya biar bisa ngobrol.

Ada beberapa point yang perlu diperhatikan saat melakukan perjalanan jauh.

Perjalan jauh ini seperti antar kota atau antar provinsi baik menggunakan moda transportasi umum darat, laut atau udara.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Lakukan tes kesehatan terlebih dahulu. Pastikan kondisi sehat. Saatini beberapa tempat mengharuskan rapid test atau swab untuk memastikan bebas covid.
  2. Saat pandemi perjalanan sangat berbeda dengan kondisi normal. Beberapa protokol kesehatan wajib dipenuhi. Menjaga jarak, kebersihan tangan dan tubuh serta masker yang harus dipersiapkan. Beberapa daerah bahkan memberikan denda apabila tidak memakai masker dengan kisaran mulai 150 rb. Siapkan handsanitizer, masker secukupnya.
  3. Ada dua kemungkinan yang akan ditemui yaitu kesenangan berupa pemandangan dan sebagainya dan juga ancaman yang perlu diantisipasi. List satu persatu bila memungkinkan.

Berdasarkan pengalaman penulis. Bahwa dalam perjalanan tidak hanya hal baik, tetapi hal buruk juga bisa menimpa siapa saja. Satu contoh adalah ada orang jahat yang berpura pura baik misal menawarkan minuman, menawarkan tempat tinggal sementara menawarkan bantuan transportasi. Sementara kalau belum kita kenal maka TOLAKLAH.

Masih banyak yang akan ditemui. silahkan diantisipasi sendiri.

Baca juga “Mengenali Potensi Wisata Daerah Mandalika Lombok NTB“.

4. Siapkan itenary, jadwal perjalanan. Rencana moda transportasi yang akan digunakan. Saat ini sangat memungkinankan untuk menggunakan tiket online. Yang perlu diperhatikan adalah waktu kedatangan dan keberangkatan.

5. Biasanya kita sampai ditujuan dini hari pastikan sudah ada penginapan sementara bila transit. Khusus beberapa terminal dan stasiun akan sepi dan rawan.

6. Alat komunikasi seperti handphone dan pendukungnya seperri ces power bank harus disiapkan. Bahkan paket data bila diperlukan. Bila mengalami kesulitan segera hubungibpihak berwajib. Bisa sesekali mengakabarkan kepada keluarga atau tempat tujuan. Sepele tapi biasanya kita lupa. Kebabisan battery dan lain lain. Padahaln lagi butuh petunjuk arah.

7. Bawa bekal secukupnya. Bagi yang masih belum mengenal medan sebaiknya membawa bekal makanan kecil dan minuman. Kalau ada uang lebih bisa dibuat jaga jaga juga. Simpanlah di tempat yang aman. Terkadang perlu juga menyimpan di sepatu, saku khusus atau tempat lainnya sebagai antisipasi terburuk.

8. Apabila membawa barang bawaan pastikan terpantau dan terlihat oleh mata kita. Karena kalau lengah bisa jadi tertukar atau malah dibawa orang yang tidak dikenali.

9. Atur ritme istirahat. Jangan memaksakan untuk tidak tidur. Bila menggunakan bus bisa minta tolong kernet untuk mengingatkan lokasi tujuan. Moda lain bisa menyesuaikan. Terlalu mempercayakan kepada orang yang BARU DIKENAL sangat tidak disarankan.

10. Jangan lupa berdoa dan isi dengan hal produktif. Bisa menulis, membaca atau mengerjakan pekerjaan lainnya bila memungkinkan.

Demikian sedikit tips perjalanan jauh bagi pemula. Semoga bermanfaat dan semoga selamat sampai tujuan.

Gambar Pixabay

PerjalananTips