5 Fakta Menarik Stadion Gelora Joko Samudro di Gresik

Stadion yang dibuka pada Oktober 2017 di Gresik Jawa Timur ini menjadi stadion terbesar di kota Pudak saat ini. Dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. Berikut 5 Fakta Menarik Stadion Gelora Joko Samudro di Gresik

Stadion Joko Samudro Gresik

Menggunakan Dana Pemkab

Stadion ini menggunakan dana Pemerintah Kabupaten Gresik sebesar Rp 800 Miliar

Stadion Gelora Joko Samudro adalah sebuah stadion sepak bola di daerah Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Stadion ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Gresik dan menelan dana sekitar Rp 800 miliar rupiah.

Stadion Joko Samudro berkapasitas 25.000 penonton. Stadion GJOS juga pernah dijadikan tempat kandang bagi Persegres Gresik United pada kompetisi Liga 2 2018. Dan rencannya PSG yang berlaga di liga 3. Saat ini dibuka untuk umum apabila ada yang akan menyewa.

Terkadang digunakan juga transit tim tandang untuk melakukan latihan sebelum pertandingan.

Dijadikan Tepat Karantina Pasien COVID-19

Dalam kondisi pandemi Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos)secara resmi dijadikan tempat karantina dan observasi pemulihan pasien Covid-19. Tepatnya pada tanggal 29 Juni. Saat ini dilakukan rehabilitasi dengan anggaran 2 Miliar.

Stadion Bertaraf Internasional

Stadion Gelora Joko Samudro berdiri di atas lahan seluas 14 hektar, Gelora Joko Samudro yang berada di Gresik ini memang terbilang salah satu stadion terluas di Indonesia.

Terlebih dengan luas tanah sebesar itu, Pemerintah Kabupaten Gresik akan leluasa membangun Gedjos menjadi stadion bertaraf internasional. Dilengkapi dnegan ruang ganti seperti di Eropa dan rencana digunakan untuk pertandingan internasional.

Persegres Belum Memanfaatkan Stadion Utama

Alih alih menjadi basecamp persegres, namun justru tidak bisa bangkit dari keterpurukan. Saat ini tim kebanggaan Gresik tersebut justru harus berjuang dari liga 3 terlebih dahulu.

Setelah keluar dari liga utama dan terdegradasi dari liga dua.

Pernah Memiliki Beberapa Nama

Sebelum diputuskan menjadi stadion bernama Gelora jOko Samudra ada beberapa nama yang santer akan digunkan sebagai nama resmi. Diantaranya adalah Stadion Bukit lengis yang sempat populer. Selain itu ada nama nama sebagai berikut :

  • Stadion Prabu Satmoto,
  • Stadion Ainul Yakin,
  • Stadion Raden Paku,
  • Stadion Sunan Giri,
  • Stadion Sultan Abdul Faqih,
  • Stadion Gunung Lengis 

Demikian sedikit ulasan “5 Fakta Menarik Stadion Gelora Joko Samudro di Gresik,” semoga bermanfaat

gresikStadion Joko Samudro