9 Jenis Kerusakan HandPhone (HP) yang Sering Terjadi di Tempat Servis

Siapa yang memiliki handphona (HP) kemudian mengalami kerusakan ? tentu sebagian besar pernag mengalaminya. Sehingga tidak heran kalau bisnis servis HP juga berkembang pesat seiring perkembangan jumlah dan berbagai jenis HP di pasaran.

Beberapa waktu lalu, kami juga mengalami kerusakan Handphone yang sering terjadi yaitu mengganti konektor hape karena jalan power tidak bisa alias mati.

Dari pengamatan kami di lokasi servis HP ada beberapa label yang ada di rak perbaikan ,dengan asumsi itu adalah jenis servis HP yang paling sering terjadi. Antara lain sebagai berikut :

  1. Terkena air
  2. Mati total
  3. IC EMMC
  4. Perbaikan Connector
  5. Kerusakan LCD
  6. Kerusakan Software HP
  7. Battery rusak
  8. Tombol Power lepas atau rusak
  9. Speaker tidak aktif.

Terkena Air

Karena hujan atau jatuh kedalam air biasanya Handphone akan mengalami kerusakan, solusinya segera dikeringkan dan diperiksa kondisinya ke service resmi atau tukang service yang benar benar terpercaya.

Mati Total

Banyak juga HP yang mengalami mati total, karena banyak sebabnya bisa langsung ke service center. ATau bila masih ada garansi bisa digunakan fasilitas tersebut. Alternative selanjutnya baru mencari tukang servis yang sesuai.

IC EMMC

EMMC merupakan singkatan dari Embedded Multi Media Controller dimana merupakan IC atau Otak yang berfungsi sebagai sarana media penyimpanan smartphone Android. Adapun EMMC ic berfungsi sebagai pengatur serta mengelola dirinya sendiri, hal ini akan berbeda dengan IC Flash yang biasanya sifatnya hanya digunakan untuk media penyimpanan saja.

Beberapa tanda tanda kerusakannya antara lain Gagal WIPE atau Factory Reset di Android, Kegagalan Flashing , Kegagalan Upgrade, Install Software selalu Gagal, Sering ada Pop-up notifikasi “sayangnya aplikasi terhenti , Sering Hang atau Reboot .

Perbaikan Connector

Kerusakan ini paling sering terjadi, karena memang proses menghubungkan power setiap hari menggunakan item connector. Biaya ganti spart partna biasanya kisaran 30-50 rb untuk HP yang biasa.

Kerusakan LCD

Biasanya disebabkan jatuh atau tertimba benda yang lebih berat sehingga LCD rusak, solusinya bisa diganti yang baur dengan harga yang beragam sesuai jenis HPnya

Kerusakan Software HP

Software tentunya berhubungan dengan beberapa aplikasi didalamnya, install aplikasi sembarangan juga tidak dianjurkan. Bisa juga karena androidnya yang mengalami kerusakan.

Baca juga “8 Cara Ampuh Hemat Kuota Handphone.”

Battery rusak

Battery rusak biasanya disebabkan karena dalam proses charge memakan waktu yang lama sehingga mengalami loss. Battery ada yang tidak tahan lama juga. Bisa diganti bila masih memungkinkan.

Tombol Power lepas atau rusak

Tombol power lepas juga disebabkan karena sering digunakan oleh pengguna. BIsa diganti dengan spart part yang baru.

Speaker tidak aktif.

Mendengarkan lagu atau suara telepon yang sering juga akan menambah waktu penggunaan speaker. Seihingga akan menurunkan fungsi. Bisa diganti dengan yang baru bila anda masih mengggunakannya secara aktif.

Demikian “9 Jenis Kerusakan HandPhone (HP) yang Sering Terjadi di Tempat Servis,” semoga bermanfaat


Kerusakan Handphone
Comments (0)
Add Comment