Belajar dari Hallyu BTS Meal Sebagai Diplomasi Budaya Korea Selatan

Beberapa hari yang lalu banyak orang di dunia dihebohkan dengan antrian panjang di Mc Donald salah satu perusahaan Amerika. Selain masa pandemi yang tidak membolehkan kerumunan, setidaknya BTS membuka mata bahawa generasi baru yang terpenaruh oleh sebuah industri budaya.

Mengenal Sejarah BTS

BTS (Hangul: 방탄소년단; RR: Bangtan Sonyeondan), biasa dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah sebuah boy band beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Nama tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond the Scene atau BTS pada bulan Juli 2017.

Pada tanggal 12 Juni 2013, mereka membawakan lagu berjudul “No More Dream” dari album awal mereka 2 Cool 4 Skool yang mendukung debut mereka pada tanggal 13 Juni 2013.

Awal Hallyu Prestasi BTS

Tentunya munculnya BTS tidak serta merta hanya melalui media sosial saja. Namun lebih dari itu da sebuah proses industri yang memang di dukung oleh pemerintah Korea.

Hallyu adalah sebuah gelombang Korea atau fenomena (Korean Wave) yang menjadi kebijakan nasional Korea dalam dua dekade terakhir. Sekitar tahun 2001 kala itu presiden Korea bernama Kim Dae Jung saat itu menyampaikan Hallyu adalah strategi industri tanpa cerobong asap (chimney less industry).

Bahkan pada tahun 2009 Korea mendirikan sebuah badan bernama Badan Konten Kreatif Korea yang didirikan untuk meningkatkan produksi konten dan budaya Korea.

Kembali kepada BTS, tentunya ada beberapa prestasi lain yang dijadikan ukuran sehingga sebegitu influence nya.

  • Dinobatkan sebagai entertainer of the year versi majalah Time pada Desember 2020.
  • Menjadi artis asia pertama dalam sejarah Mnet Asia Music Award (MAMA) yang memenangkan artis of the yeard 5 tahun berturut-turut.
  • Untuk kali pertama BTS memuncaki Billboard Hot 100 melalui single Dynamite
  • Memecahkan rekor lainnya seperti penayangan youtube premier 3,89 juta, penonton terbanyak dalam video music better dalam 24 jam pertama yaitu 108,2 juta angka
  • Mendapatkan rekor dunia guniness book of records sebagai most twitter engangement April 2019.

Baca juga “Kenapa Ibu -Ibu Banyak Yang Suka Drakor Atau Drama Korea.

Seiring dengan berjalanya waktu anak anak muda Indonesia tidak sedikit yang terpengaruh dengan budaya mereka, terbutki BTS meal masih ramai. Dan beberapa produk dengan membawa kata BTS menjadi ikutan ramai.

Dan tentunya ini sebagai pembelajaran bagi bangsa Indonesia untuk bisa meniru hal hal positif dalam menghadapi tantangan kreatif global kedepan.

BTSBUdayaKOreaopini