Biografi Lalu Muhammad Zohri, Sukses Raih Emas Juara Dunia Lari 100 m

Biografi Lalu Muhammad Zohri, Sukses Raih Emas Juara Dunia Lari 100 m

Pelari asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri mencatat sejarah baru dalam dunia atletik. Pemuda asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut dinobatkan sebagai juara dunia lari cepat 100 meter. Dia berhasil menembus garis finis di babak final kejuaraan lari IAAF World U20 Championships di Tampere, Finlandia pada Rabu 11 Juli 2018 waktu setempat.

Muhammad Zohri pria kelahiran 1 Juli 2000 tersebut meraih medali emas dengan catatan waktu 10.18 dengan kecepatan rata-rata 1,2 meter per detik. Dia mengalahkan dua pelari andalan Amerika Serikat, Anthony Schwarts dengan catatan waktu 10.22 dan Eric Harrison dengan waktu 10.22.

” Muhammad Zohri menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan medali dalam perlombaan ini,” tulis akun IAAF dalam cuitan Twitternya.

Awal tahun ini, Zohri meraih medali emas pada Asian U20 Championships di Jakarta dengan catatan waktu 10.25. Banyak yang memprediksi Zohri hanya akan berada di posisi kedua di setelah Anthony Schwartz saat berlaga di Finlandia.

Lalu Muhammad Zohri awalnya bukanlah atlet yang diunggulkan pada nomor bergengsi dalam perlombaan tersebut. Dia tampil mewakili Asia setelah menang pada Kejuaraan Asia U-20 yang berlangsung Juni lalu. Saat itu Zuhri hanya mampu mencatat waktu terbaik, 10.27 detik.

Bahkan saat babak final akan dimulai, masih banyak orang yang yakin pelari AS itu bakal menjadi pemenang. Nyatanya, Zohri yang berada di lintasan delapan berhasil menyalip Schwartz.

” Saya akan berpesta malam ini! Saya sangat senang mendapatkan catatan waktu terbaik serta rekor nasional junior,” ucap Zohri, dikutip dari iaaf.org, Kamis 12 Juli 2018.

Setelah berhasil mengantongi gelar tersebut, Zohri tak bisa bersantai lama-lama. Dia harus mempersiapkan diri untuk tampil di kompetisi Asian Games 2018. Dia mengaku bangga atas prestasi yang baru saja ditorehkan.

Orang Indonesia Pertama Juara Lari Dunia

Biografi 

Nama : Lalu Muhammad Zohri

Lahir : 1 Juli 2000

Asal : Nusa Tenggara Barat (NTB)

Pendidikan :

  • SD Negeri 2 Pemenang Barat,
  • SMP Negeri 1 Pemenang

 

Rumah Sederhana

rumah sederhana Lalu Muhammad Zohri Juara Dunia Lari

 

 

Demikian ulasan singkat kami tentang “Biografi Lalu Muhammad Zohri, Sukses Raih Emas Juara Dunia Lari 100 m“, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Atlet Lari IndonesiaLalu Muhammad Zohri
Comments (0)
Add Comment