Daftar Kuliner Legendaris Surabaya Enak Layak Dicoba

Berbicara sebuah daerah di Indonesia, tentu tidak lepas dari yang namanya wisata. Termasuk di dalamnya adalah kuliner sebagai tempat jujugan. Surabaya selain terkenal dengan kota Pahlawan. Disini juga terkenal beberapa kuliner yang enak dan lezat. Berikut beberapa daftar kuliner legendaris Surabaya enak layak dicoba.

Kuliner itu memang unik, lain orang lain tempat bisa jadi akan berbeda cita rasa dan kesannya. Berikut beberapa kuliner di Surabaya yang bisa menjadi jujugan anda :

  1. Lontong Balap
  2. Semanggi Surabaya
  3. Sate Klopo Ondomohen
  4. Rujak Cingur
  5. Rawon Setan
  6. Bebek Goreng Sinjay

Tentu masih banyak kuiner lainnya di Surabaya, kali ini kita coba kulik beberapa diantaranya.

Lontong Balap

Lontong Balap merupakan salah satu makanan tradisional khas Surabaya dengan bahan dasar lontong yang diberi topping tahu goreng, taoge, lentho, kecap, sambal dan bawang goreng. Disajikan dengan piring dan biasanya disajikan dengan kerang ditambah minuman degan. Sehingga sangat nikmat bila disantap.

Lontong baap bisa ditemui dibeberapa tempat seperti lontong balap Pak Ndut, Mbah Atho, Artomoro, Cak No dan sebutan lainnya. Silahkan hunting sendiri ya gaess. Harga kuliner ini beragam mulai 10 rb hingga 30 rb.

Semanggi Surabaya

Kuliner sejenis pecel ini berasal dari Benowo Surabaya. Tentu karena awalnya memang daun semanggi sendiri banyak ditemui disini. Kuliner khas ini disajikan dengan bumbu khas ditambah kerupuk ketan berukuran jumbo.

Yang spesial dari kuliner ini adalah disajikan dengan pincukan daun pisang dan krupuknya dijadikan sendok untuk menikmati hidangan daun semanggi yang sudah di godog ini. Beberapa ada yang mangkal dan tidak sedikit juga yang berkeliling dengan di bawa di atas kepala. Harganya sekitar 10 rb samapai 20 rb.

Sate Klopo Ondomohen

Nama Ondomohen diambil dari bahasa Belandadari nama jalan dimana kedai ini pertama kali berdiri.

Salah satu penjual sate klopo paling populer di kota Pahlawan adalah kedai Sate Klopo Ondomohen. Lokasinya tepat di Jalan Wali Kota Mustajab, Surabaya.

kuliner khas surabaya sate ondemohen

Karena rasa dan legenda kuliner ini tidak heran apabila harus antri berlama-lama untuk bisa mendapatkan seperosi sate ondomohen. Harganya kisaran 20 rb per porsi adan sate ayam dan ada juga sate kambing.

Rujak Cingur

Yang membedakan rujak cingur dengan rujak yang lain adalah ada tambahan cingur atau daging mulut sapi yang sangat enak. Dengan bumbu khas Surabaya.

Rujak cingur selain ada cingurnya ada juga tambahan irisanbuah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Lebih nikmat lagi ditambah kerupuk.

Rawon Setan

Rawon setan sudah ada sejak 1953 berjualan di sekitar Jalan Embong Malang Surabaya. Yang membuat unik jualannya adalah tengah malam sehingga dinamakan rawon setan.

Saat ini usaha kuliner ini diteruskan generasi kedua, dan menjadi penjual rawon yang sangat ramai dikunjungi.

Bebek Goreng Sinjay

Kuliner ini sebenarnya populer di Madura, namun di Surabaya sudah bisa dinikmati dibeberapa tempat. Sajian bebeknya khas yaitu gurih dan empuk, sehingga tidak heran banyak yang penasaran dan mampir untuk mencicipinya.

Demikian sedikit ulasan “Daftar Kuliner Legendaris Surabaya Enak Layak Dicoba,” semoga bermanfaat.

Surabaya