Koleksi Foto Gambar Burung Langka Asal Indonesia

Koleksi Foto Gambar Burung Langka Asal Indonesia

Koleksi Foto Gambar Burung Langka Asal Indonesia

Berdasarkan jumlah spesies burung, Indonesia menempati peringkat keempat di dunia. Jumlah spesies burung Indonesia adalah yang terbanyak keempat di dunia setelah Kolombia, Peru, dan Brazil. Bahkan jika diranking berdasarkan tingkat endemisitas, Indonesia adalah negara dengan tingkat endemisitas burung tertinggi di dunia.

Total jumlah spesies burung di Indonesia, menurut rilis yang dikeluarkan oleh Burung Indonesia, tercatat sebanyak 1.666 jenis. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan rilis tahun sebelumnya yang hanya 1.605 jenis burung. Penambahan hingga 61 spesies tersebut sebagian besar merupakan hasil pemisahan dari jenis yang sudah ada. Berdasarkan penelitian terbaru, jenis-jenis tersebut memiliki perbedaan morfologi ataupun suara sehingga diakui sebagai jenis baru.(alamendah)


Gambar burung langka asal Indonesia Jalak Bali warna putih, nama latin Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) merupakan burung endemik pulau Bali dan dinobatkan sebagai lambang fauna provinsi Bali, gambar diatas diambil dari zootalk.wordpress.com

Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) merupakan burung yang ditetapkan sebagai maskot satwa langka di Indonesia sejak tahun 1992. Foto diatas diambil dari rezasulkhaerah.wordpress.com

Sikatan Aceh (Cyornis ruckii) merupakan burung yang ditemukan oleh M. Ruck pada tahun 1917. Namun, sampai saat ini burung Sikatan Aceh tidak pernah ditemukan keberadaannya. IUCN langsung menyatakan bahwa status burung Sikatan Aceh sangat terancam punah.

Cenderawasih Merah (Paradisaea rubra) merupakan salah satu burung asli Indonesia yang dikategorikan burung langka dan terancam punah oleh IUCN.

Burung Langka Ada di Sumatera dan Kalimantan

 

Sempidan adalah kelompok burung berukuran besar dari keluarga Phasianidae. Burung ini hidup di habitat hutan primer yang jarang terjamah manusia. Sering ditemukan menjelajah dan mengorek serasah daun yang jatuh di dasar hutan untuk mencari makan. Makanannya terdiri dari buah-buahan yang jatuh, larva, serangga, cacing dan hewan invertebrata kecil lainnya.

Bentuk tubuh Sempidan seperti campuran antara ayam dan pheasant sehingga sering disebut gallopheasant. Panjang tubuh berkisar antara 40-90 cm atau seukuran ayam Kalkun. Jantan umumnya berbulu panjang dan berparas indah, memiliki ornamen berwarna menyolok di sekitar muka yang akan mengembang saat musim berbiak.

Betina berwarna coklat suram yang berguna untuk menyamar saat mengerami telur di sarang yang terletak di atas tanah. Sempidan mampu berlari cepat untuk menghindari pemangsa. Burung besar ini juga mampu terbang rendah dalam jarak yang dekat.

 

 

Demikian sedikit ulasan “Koleksi Foto Gambar Burung Langka Asal Indonesia” semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

burung langka di indonesia
Comments (0)
Add Comment